GROBOGAN.NEWS Semarang

Seluruh ASN Diminta Fokus Laksanakan Penguatan Integritas ASN Menyongsong Era 4.0

KENDAL, GROBOGAN.NEWS-Kemajuan Teknologi yang terus berkembang dengan pesat menuntut Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mampu mengikuti perkembangan yang dikenal dengan 4.0.

Melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kendal, bekerjasama dengan Komisi Aparatur Sipil Negara melakukan Kegiatan Koordinasi dan Asistensi di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Jumat (28/5) lalu.

Kegiatan diikuti oleh para PNS Kendal yang berpotensi menjadi Pimpinan Tinggi Pratama yang sebelumnya telah sesuai dengan syarat jabatan minimal yaitu pembina golongan IV/a.

Kepala BKPP Kendal Cicik Sulastri,S.H.,M.A mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan PNS Handal dan Profesional sebagai penyelenggara Pemerintah.

“Sebagai upaya meningkatkan kemampuan SDM PNS di Pemerintah Kendal, kita mendorong PNS untuk lebih Inovatif, Produktif dan siap menghadapi Revolusi 4.0 yang nantinya juga akan berkoordinasi dengan berbagai OPD, maka BKPP bekerjasama dengan Komisi Aparatur Sipil Negara,” terang Cicik Sulastri.

Adapun pengisi materi menghadirkan langsung Komisioner KASN Dr Rudiarto Sumarwono, MM yang membahas tentang Sosialisasi Penerapan Manajemen Kinerja dan Sosialisasi Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pasca Pilkada serentak 2020.

Sementara Narasumber lain yaitu Asisten Komisioner KASN I Gusti Ngurah Agung Yuliarta Endrawan fokus pada pembahasan terkait Mediasi dan Perlindungan.

Pada bagian lain, Bupati Kendal Dico M. Ganindito, B.Sc menyampaikan bahwa seleksi yang ada di Kendal dilakukan dengan selektif yang mengedepankan kemampuan, berharap dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh BKPP dapat membuat PNS Kendal menjadi lebih akuntabel dan Inovatif.

“Harapan kepada semua yang mengikuti saya menitipakan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal yang telah dibuat untuk dapat diwujudkan, setidaknya terdapat beberapa misi yang harus dilaksanakan bersama salah satunya meningkatkan SDM di Era industri 4.0,” Jelas Bupati Kendal.

Lebih lanjut Dico M. Ganinduto menegaskan bahwa PNS di zaman Z saat ini, dituntut untuk tidak berfikir secara linier namun mampu menciptakan trobosan baru dalam inovasi, sehingga menciptakan system kepemerintahan yang transparan dan mewujudkan birokrasi lebih baik.

Perwujudan pembangunan Infrastruktur secara merata dan berkeadilan dengan memperhatikan daya dukung dan kelestarian lingkungan juga menjadi salah bagian dari harapan Bupati Kendal kepada sistem Pemerintahan Kabupaten Kendal saat ini. Eko