GROBOGAN.NEWS Solo

PSC Bagi-bagi Masker dan Makanan bagi Pemulung di TPA Mojorejo Sukoharjo

Anggota Komunitas PSC bersama Polres dan Kodim Sukoharjo berbagi bersama sedulur pemulung di TPA Mojorejo Kecamatan Bendosari Sukoharjo / Dok. PSC
IMG 20210507 WA0001
Anggota Komunitas PSC bersama Polres dan Kodim Sukoharjo berbagi bersama sedulur pemulung di TPA Mojorejo Kecamatan Bendosari Sukoharjo / Dok. PSC

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS – Para pemulung yang sering beroperasi di tempat pembuangan akhir (TPA) Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, menerima pembagian sekitar 80 nasi kotak dan masker.

Bantuan tersebut diberikan oleh  komunitas pejuang sosial atau  Sosial Community (PSC). Komunitas itu  terus bergerak menebar kebaikan pada momen Ramadhan.

Salah satunya adalah bantuan yang diberikan kepada para pemulung di TPA Mojorejo tersebut.

“Selain nasi kotak tadi juga dikasih masker. Saya dan teman-teman berterima kasih untuk kepedulianya apalagi dengan kondisi pandemi begini. Kami berharap kegiatan sosial ini bisa rutin berlanjut ke depanya,” ucap salah satu pemulung, Suhananto.

Koordinator Kegiatan PSC, Victoria Anggel, Jumat (7/5/2021), menuturkan aksi sosial terselenggara pada Kamis (6/5/2021) sore. Agenda tersebut masih dalam rangkaian kegiatan sosial komunitas PSC di bulan suci Ramadhan. Pihaknya bersama Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo membagikan nasi kotak untuk sedulur pemulung yang ada di TPA Mojorejo.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Melonjak, PPKM Diperpanjang Seluruh Tempat Wisata Ditutup  

Humas Komunitas PSC, Wina Novita menambahkan kegiatan ini merupakan Gerakan Bersama Sukoharjo Berbagi yang menjadi salah satu program Komunitas PSC.

Di Sukoharjo, program ini sudah dimulai sebelum Ramadhan tiba, salah satunya pembagian sembako dan kasur di Madegondo Kecamatan Grogol dan Desa Laban Kecamatan Mojolaban.

Tak cuma di dua lokasi itu, kegiatan serupa dilakukan di Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri.
Total sembako yang dibagikan kemarin ada 200 sembako dan 50 kasur dengan sasaran utama lansia kurang mampu. Pada minggu pertama puasa, PSC juga membagikan 1000 lebih paket tajil bersama Polres dan Kodim 0727 Karanganyar.

Baca Juga :  Perampok Bermodus  Ban Kempes Ini Akhirnya Berhasil Dibekuk Polisi

Sementara Letda Inf Syaiful Anam Pasandi Kodim 0726 Sukoharjo, mewakili Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Agus Adhi Darmawan mengapresiasi kegiatan sosial, seperti yang dilakukan oleh komunitas PSC. Hal ini selaras dengan kegiatan Kodim 0726 Sukoharjo. Pihaknya berharap agenda sosial komunitas PSC ini bisa menginspirasi komunitas lainya untuk bersama sama berbagi dengan sesama.

Senada, Kasatbinmas Polres Sukoharjo, AKP Wusana mewakili Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas menambahkan, Polres Sukoharjo bersama dengan Kodim 0726 Sukoharjo selama Ramadhan ini juga melakukan kegiatan berbagi, termasuk dengan pemulung yang ada di TPA Mojorejo. Agenda itu merupakan wujud nyata sinergitas TNI Polri bersama komunitas,

Baca Juga :  Dua Klaster Covid-19 di Sragen Ditengarai Berasal Kudus

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo, Agustinus Setyono membeberkan, di TPA Mojorejo terdapat 50 pemulung. Selain dari Sukoharjo, mereka juga berasal dari Karanganyar dan Wonogiri.

Sebelum pandemi, pemulung disini bisa mengantongi 50 hingga 100 ribu rupiah. Namun setelah adanya pandemi, pendapatan mereka menurun drastis.

“Kehadiran dan kepedulian dari komunitas PSC bersama Polres dan Kodim Sukoharjo tentu memberikan arti tersendiri dan menjadi motivasi untuk mereka. Selesai ramadhan kami berharap kegiatan bersama pemulung ini bisa terus berlanjut,” tutur Agustinus. Aris

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/05/keren-komunitas-pejuang-sosial-community-alias-psc-terus-menebar-kebaikan-di-bulan-suci-ramadhan-kali-ini-menyasar-sedulur-pemulung-di-tpa-mojorejo-kecamatan-bendosari-sukoharjo/