GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Prabowo Subianto Masih Jadi Jawara di Survei Capres 2024

Prabowo Subianto / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Beberapa simulasi menampilkan Prabowo Subianto pada posisi teratas sebagai calon presiden 2024.

Demikian pula dengan survei yang dilakukan oleh lembaga Puspoll Indonesia, nama Prabowo  Subianto masih nangkring di posisi teratas.

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu  berada di peringkat pertama untuk beberapa simulasi.

“Dari 22 nama yang kami uji penilaian tertinggi ada di nama Prabowo Subianto. Ada 20,9 persen yang mengatakan akan memilih Pak Prabowo,” kata Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja dalam rilis hasil survei, Minggu (23/5/2021).

Baca Juga :  Polri Tangkap 3.823 Preman dan Pelaku Pungli di Indonesia

Di posisi berikutnya ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 15,4 persen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,8 persen.

Kemudian ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 7,1 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono masing-masing 4,9 persen.

Nama-nama seperti Tri Rismaharini, Muhaimin Iskandar, Gatot Nurmantyo, Mahfud Md, Khofifah Indar Parawansa, Megawati Soekarnoputri, Erick Thohir, Susi Pudjiastuti, dan Airlangga Hartarto menyusul dengan elektabilitas di bawah 3 persen hingga di atas 1 persen.

Baca Juga :  Heboh! 700-an Makam Pasien Covid-19 Ini Dibongkar Karena Terbukti Tidak Terpapar Corona

Adapun untuk elektabilitas di bawah satu persen ada nama-nama Surya Paloh, Suharso Monoarfa, Puan Maharani, Sri Mulyani Indrawati, Moeldoko, Tito Karnavian, dan Anis Matta.

Adapun masih ada 14,9 persen responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Untuk simulasi 11 nama, elektabilitas Prabowo sebesar 23,2 persen, disusul Anies sebesar 16,8 persen, Ganjar Pranowo 16,3 persen, Ridwan Kamil 8,1 persen, Sandiaga 7,7 persen, dan AHY 5,9 persen.

Baca Juga :  Terduga Teroris Dari Kelompok JAD Ini Dibekuk Tim Densus 88 di Bogor

Adapun untuk simulasi 8 nama, elektabilitas Prabowo tak banyak berubah yakni 23,3 persen, Anies 18,4 persen, Ganjar 16,6 persen, Ridwan Kamil 8,6 persen, Sandiaga 8,1 persen, dan AHY tetap 5,9 persen.

Muslimin mengatakan survei itu digelar pada 20-29 April 2021 dengan metode multistage random sampling. Survei melibatkan 1.600 responden yang diwawancarai secara tatap muka.

Dia mengklaim margin of error surveinya 2,45 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Redaksi

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/05/survei-terbaru-capres-2024-anies-baswedan-di-posisi-kedua-mulai-tempel-prabowo-subianto-yang-masih-di-posisi-teratas/