GROBOGAN.NEWS Semarang

Peran Generasi Pemuda dalam Pembangunan Bangsa Wajib Diperluas

Anggota Komisi E DPRD Yudi Indras Wiendarto saat menjadi pembicara dalam Dialog Bersama Parlemen dengan mengangkat topik “ Bangkitlah Pemuda Kita Generasi yang Tangguh”. Ist

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Anggota Komisi E DPRD Yudi Indras Wiendarto menegaskan peran pemuda sangatlah penting bagi pembangunan. Kebangkitan pemuda harus dijadikan tonggak perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya dengan hadiah demografi jumlah angkatan muda yang jauh lebih besar perlu ditangkap sebagai sebuah peluang.

Hal itu disampaikannya dalam Dialog Bersama Parlemen dengan mengangkat topik “ Bangkitlah Pemuda Kita Generasi yang Tangguh” yang disirkan secara langsung oleh MNC Trijaya 89.8 FM Semarang, Radio RDI Pandanaran 91.8 FM Semarang, dan Radio Rasika USA 105.6 FM serta siaran tunda melalui iNews TV Semarang, Rabu (19/5).

Baca Juga :  Gelombang Covid-19 Semakin Menggema, Sebanyak 8.471 Perusahaan di Jateng Diimbau Maksimalkan WFH, Pengawasan Disiplin Protokol Kesehatan Terus Diperluas

Turut menjadi narasumber Sekretaris Disporapar Provinsi Jawa Tengah Sulistyo, Ketua Prodi Antropologi Sosial FIB Undip Dr Amirudin.

“Anak muda saat ini harus sadar bahwa Bangsa Indonesia itu merupakan bangsa yang besar, bangsa yang kuat dan kaya raya, dan jika itu menjadi suatu kesadaran tentunya akan menjadi dorongan kepada para pemuda kita untuk dapat terus berkarya, dan berbuat sesuatu untuk kejayaan suatu bangsa dan negara,” ucapnya.

Baca Juga :  Tracer Ujung Tombak Penanganan Covid-19, Senkom Gelar Pelatihan di Semarang

Semua gerakan pemuda, lanjut Yudi, dari awal ssampai sekarang bertumpu pada pendidikan. Yg justru saat ini menjadi semakin banyak pekerjaan rumah dalam hal pendidikan. Perlu karakateristik yg berbeda dalam penanganan pendidikan ini.

Sementara itu Sulistyo menyampaikan, wawasan kebangsaan harus selalu disosialisasikan kepada pemuda. Pemuda merupakan seseorang yang memasuki masa perkembangan dengan segala kemampuannya.

Baca Juga :  Kabupaten Semarang Zona Merah, Sejak Awal Juni Terjadi Penambahan 1.059 Kasus Baru Covid-19

Dari segi Pendidikan sendiri sesuai yang disampaikan oleh Amirudin, menafsirkn tentang kebangkitan nasional. Pada awal Abad 20 peran pemuda sangat luar biasa, menjadi nasional. Pemicu kebangkitan adalah pendidikan, yang mndorong munculnya keberanian.

Di akhir dialog, Yudi Indras Windarto memberi penegasan bahwa negara Indonesia adalah negara yg kuat dan menjadi idola negara lain. “Masa depan Negara ada pada pundak para pemuda”.Arya