GROBOGAN.NEWS Demak

Pemudik di Demak Langsung Jalani Swab Antigen, Total Lima Pemudik Hasilnya Negatif

Babinsa Koramil 02/Bonang saat mendampingi dan melakukan pengamanan pelaksanaan swab antigen terhadap para pemudik. Ist

DEMAK, GROBOGAN.NEWS-Upaya pemutusan mata rantai penularan virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak terus digencarkan.

Lima orang pemudik di Demak melakukan swab antigen didampingi jajaran Kodim 0716 Demak melalui Babinsanya Serda Sutarno Jumat (7/5) kemarin.

Menurut Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Arh Mohamad Ufiz melalui Danramil 02/Bonang Kapten Inf Tulodo, bahwa Babinsa Koramil 02/Bonang mendapat laporan adanya masyarakat yang mudik lebaran 2021 di kampung halaman.

Baca Juga :  Waduh! Jenazah Pasien Terinfeksi Corona di Sayung Demak Dimakamkan Tanpa Protokol Kesehatan

Untuk itu, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan instansi terkait mendata pemudik yang pulang kampung serta koordinasi dengan satgas PPKM mikro yang ada di tingkat RT dan menyampaikan untuk para pemudik tidak boleh keluar rumah sebelum melaksanakan swab antigen serta isolasi mandiri.

Baca Juga :  Kapolda Jateng Minta Seluruh Jajaran Kepolisian dan Forkompimda di Demak Terus Gencarkan Sosialisasi Penanganan Covid-19  

Masyarakat yang terlanjur mudik di wilayah binaannya, lanjut Danramil, harus mengikuti tes swab antigen di wilayah. Yaitu Puskesmas Bonang I maupun Il. Apabila ada yang hasilnya reaktif maka yang bersangkutan harus di isolasi mandiri sesuai dengan tempat yang telah disepakati.

“Alhamdulillah dari hasil swab antigen 5 pemudik yang di laporkan Babinsa Bonangrejo Serda Sutarno semuanya hasilnya negatif,” ucapnya.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Demak Melonjak, Percepatan Vaksinasi Lansia Terus Dipacu, Kapasitas Tempat Isolasi Ditambah, Bed untuk Pasien Covid-19 Ditambah Sebanyak 237 Tempat Tidur   

Lebih lanjut, Danramil juga menyampaikan kepada masyarakat yang belum mudik agar jangan mudik. Pasalnya itu untuk menghindari adanya melonjaknya klaster baru kasus Covid-19 di lebaran 2021 ini.

“Tetap patuhi protokol kesehatan dimana pun berada dengan 5M. mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas,” imbuh dia. Dian | Ris