GROBOGAN.NEWS Solo

Pasar Bahulak di Plupuh Masuk Nominasi Program Unggulan Sragen Menuju 100 Smart City

Warga berduyun-duyun mendatangi pasar Bahulak di Plupuh. Pasar ini menjadi salah satu yang masuk nominasi dalam program Smart City Sragen / Foto: Wardoyo
IMG 20201101 193253 816x557 1
Warga berduyun-duyun mendatangi pasar Bahulak di Plupuh. Pasar ini menjadi salah satu yang masuk nominasi dalam program Smart City Sragen / Foto: Wardoyo

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Pasar Bahulak di Karungan, Kecamatan Plupuh menjadi salah satu unggulan  dalam program Smart City di Kabupaten Sragen.

Untuk itulah, Pemkab Sragen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika  mulai mempersiapkan diri  mewujudkan program tersebut.

Salah satunya adalah dengan melaksanakan bimbingan teknis persiapan tinjauan lapangan (field evaluation) secara daring program gerakan menuju 100 smart city tahun 2021.

Bintek digelar di ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen, Senin (10/05/2021) dengan menginventarisir sejumlah program unggulan, di mana salah satunya adalah Pasar Bahulak tersebut.

Baca Juga :  Sejumlah Warga di 2 Kecamatan di Sukoharjo Terpapar Covid-19. Diduga Sebelumnya Ada Kontak dengan Warga Kudus

Kegiatan Bimtek dipimpin oleh ketua tim pelaksana Sragen smart city, Yuniarti selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen.

Bimtek diikuti oleh tim pelaksana smart city dan perwakilan perangkat daerah di Kabupaten Sragen.

“Masing-masing dimensi diharapkan bisa mengajukan inovasi yang impact-nya dirasakan langsung oleh masyarakat dan untuk dipersiapkan PIC masing-masing dimensi terkait untuk verifikasi lapangan, termasuk narasumber dari masyarakat,” ungkap Yuniarti dalam pembukaan bimtek tersebut.

Masing-masing dimensi untuk menominasikan satu program unggulannya. Sehingga nanti ada 6 program yang bisa dimunculkan.

Baca Juga :  Lonjakan Tertinggi! Sehari di Sragen Ada Tambahan 150 Kasus Baru Covid-19

Perangkat Daerah yang menjadi leading sektor dari program unggulan per dimensi yang terpilih, otomatis menjadi PIC dan akan diundang kembali dalam rapat desk guna persiapan teknis secara detail. Rencana desk dilaksanakan hari Rabu (19/5/2021), terangnya.

Dalam bimtek tersebut disampaikan tinjauan lapangan program gerakan menuju 100 Smart City oleh tim Kemkominfo secara daring, akan dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Selasa, tanggal 24 sampai dengan 25 Mei 2021 mendatang.

Baca Juga :  Belasan Makam di Plupuh Sragen Hanyut ke Sungai Tengkorak dan Tulang Belulang Bermunculan

Penjelasan teknis mengenai tinjauan lapangan disampaikan oleh Hartono, Kabid Pendayagunaan Teknologi Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi para peserta guna mengusulkan program-program unggulan di masing-masing dimensi smart city.

Adapun program per dimensi yang diusulkan adalah sebagai berikut Smart Branding dengan Pasar Bahulak, dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sragen, Smart Economy dengan padi organik dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/05/keren-pasar-bahulak-di-plupuh-masuk-nominasi-program-unggulan-sragen-menuju-100-smart-city-ini-dia-daftar-6-program-unggulan-pemkab/