GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Para Pengunjung Pasar Masih Abaikan Prokes, Bupati Temanggung  Tegaskan Kedisiplinan Kepatuhan Prokes

Bupati Temanggung HM Al Khadziq. Ist

TEMANGGUNG, GROBOGAN.NEWS-Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyayangkan banyaknya masyarakat yang abai protokol kesehatan (prokes), termasuk di toko modern dan pasar tradisional.

Padahal saat ini masih masa pandemi Covid-19. Ia pun kembali mengimbau masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan.

“Bukan hanya di toko modern, tapi di pasar-pasar pusat perbelanjaan juga terjadi peningkatan pengunjung yang sangat luar biasa. Kita sayangkan memang pengunjung sekarang ini juga agak abai terhadap protokol kesehatan. Saya lihat banyak sekali orang yang tidak pakai masker, berdesak-desakan di pasar, di toko modern,” kata Khadziq, Senin (3/5) kemarin.

Baca Juga :  Kebahagiaan di Bulan Ramadan, Berpisah Selama 36 Tahun Nenek Sumini Akhirnya Bisa Bertemu Keluarganya

Menindaklanjuti fenomena tersebut, maka Satgas Covid-19, beserta Polres, Polsek, Koramil, akan diturunkan bersama relawan mulai 6 Mei 2021. Mereka akan blusukan ke pasar-pasar untuk penegakan protokol Covid-19 dan melakukan pemeriksaan kepada semua pengunjung pasar serta toko modern.

“Yang tidak pakai masker akan kita suruh pulang, karena ini akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Maka akan kita turunkan personel mulai 6 Mei. Dan saya harap masyarakat mulai berhati-hati. Daripada sampai pasar tidak pakai masker disuruh pulang, lebih baik dari rumah, protokol kesehatan betul-betul kita jaga, agar kita semua terhindar dari pandemi Covid,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kebahagiaan di Bulan Ramadan, Berpisah Selama 36 Tahun Nenek Sumini Akhirnya Bisa Bertemu Keluarganya

Menurutnya, justru Covid-19 paling berbahaya dan menyebar dalam situasi saat ini, lantaran menimbulkan keramaian, dan konsentrasi pertemuan orang. Hal itu yang harus diwaspadai bersama.

Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi sepakat dengan Khadziq, saat ini banyak masyarakat yang abai. Maka pihaknya akan membuat posko pemantauan di pasar dan toko modern. Antara lain di Pasar Kranggan, Temanggung, Ngadirejo, dan Parakan.

Baca Juga :  Kebahagiaan di Bulan Ramadan, Berpisah Selama 36 Tahun Nenek Sumini Akhirnya Bisa Bertemu Keluarganya

“Dalam waktu dekat akan kita pasang pos-pos pantau yang nanti tujuannya adalah pendisiplinan warga yang berkunjung ke pasar, terus kemudian ke pasar modern juga sama,” jelas dia.

“Kita sudah koordinasi dengan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan untuk nanti rencana melakukan pengecekkan prokes secara ketat di tempat-tempat tersebut,” katanya. Lusi | Satria