GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Pandemi Covid-19 Belum Belum Juga Usai, Perayaan Waisak di Vihara Mendut Ditiadakan

Vihara Mendut di Kabupaten Magelang.

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Vihara Mendut Kabupaten Magelang tidak melaksanakan perayaan Tri Suci Waisak. Kebijakan ini digulirkan untuk tahun kedua di masa pandemi Covid-19,.

Pada perayaan Tri Suci Waisak tahun ini, umat diminta untuk tetap melakukan puja bhakti dan meditasi di vihara masing-masing.  Sedangkan Vihara Mendut tetap tertutup untuk umat yang ingin merayakan.

Sekretaris Umum Vihara Mendut Kabupaten Magelang, Wahyu Utomo yang dihubungi Selasa (25/5/)  menjelaskan, perayaan Tri Suci Waisak ke 2565 BE/2021 kali ini, tetap ditiadakan mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Perayaan seluruhnya akan dilaksanakan secara virtual, termasuk khotbah Waisak akan disampaikan secara langsung oleh Ketua Sangha Theravada Indonesia, Bhiku Sri Pannavro Mahatera, Rabu (26/5), secara virtual.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 220  Pasien, Terbanyak Berasal dari Klaster Keluarga

Menurut Wahyu, baik Sangha Theravada, Permabudhi dan juga Waisak secara nasional yang akan dihadiri Presiden Jokowi dan Menteri Agama, akan dilaksanakan secara virtual.

“Kita diimbau untuk tidak merayakan secara berlebihan dan tetap protokol kesehatan.

Senada, Penyelenggara Bimbingan Masyrakat Budha Kanwil Kemenag Kabupaten Magelang, Saring menjelaskan, tahun ini memasuki tahun kedua tidak ada perayaan Tri Suci Waisak baik di Candi Mendut dan Borobudur.

Baca Juga :  Inilah Wujud Kerja Keras Pemkab Magelang Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Tidak ada edaran untuk mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan Waisak.

Ia menyarankan agar perayaan dilaksanakan secara virtual. Namun bila akan dilaksanakan di vihara, hanya dilakukan di zona hijau dengan pembatasan jumlah peserta.

Menurut dia, vihara masih boleh menyelenggarakan perayaan Waisak dengan catatan harua berada di zona hijau dan harus memperhatikan daerah asal jemaat.

“Jemaat dari zona merah Covid-19 dilarang mengikuti perayaan di vihara,” tegasnya.

Ia sendiri mengaku sudah sudah mendapat undangan dari Bante Pannavaro untuk mengikuti khotbah Waisak secara virtual, besok (Rabu-red).

Baca Juga :  Hotel Rosenda Baturraden Dijadikan Rumah Sakit Darurat

Di Kabupaten Magelang terdapat 6 vihara, yang masuk dalam binaan Penyelenggara Bimbingan Masyarakat Buddha Kanwil Kemenag Kabupaten Magelang.

Sebanyak 2 vihara berada di dekat Candi Mendut, Vihara Graha Padmasambhava Borobudur, Vihara Tri Narmada Grabag, Klenteng Hok An Kiong Muntilan, dan Vihara Padma Suci Mertoyudan.

Saring memperkirakan, tidak semua vihara dapat mengikuti perayaan Waisak secara virtual, karena mereka akan mengadakan kegiatan sendiri.

Seperti di Grabag karena umatnya tidak terlalu banyak, maka mereka akan melakukan kegiatan. Itupun hanya sebatas ketua, sekretaris, dan bendahara saja. F. Lusi.