GROBOGAN.NEWS Semarang

Jabat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka Raih Penghargaan Top Inspiring Leader dalam Gelaran Joglosemar Tourism Awards 2021

Ilustrasi. Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung Paripurna DPRD Surakarta, Jumat (26/2/2021) sekitar pukul 08.10 WIB untuk menjalani pelantikan Wali Kota Solo. Ia didampingi istrinya Selvi Ananda / Foto: JSNews/ Prabowo

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berhasil meraih penghargaan menjadi Top Inspiring Leader saat menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Penghargaan Top Inspiring Leader diraih Gibran dalam ajang penghargaan Joglosemar Tourism Awards 2021.

Ajang yang dihelat di Yogyakarta pada 27 Mei 2021 lalu bertujuan untuk memberikan semangat kebangkitan kembali industri Pariwisata di Jawa Tengah dan DIY.

Seperti diketahui, acara Joglosemar Tourism Awards 2021 tersebut digelar di Sheraton Hotel Resort and Spa Yogyakarta oleh ITTA Foundation.

Ajang tersebut dikhususkan untuk wilayah Jogja, Solo, dan Semarang.

Untuk pertama kalinya, Joglosemar Tourism Awards 2021 dilangsungkan oleh Indonesia Travel Tourism Award (ITTA) Foundation, dengan menggandeng Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Binus Business School di Yogyakarta, Kamis (27/5/2021) malam.

Baca Juga :  Info Penting ! Inilah Delapan Ruas Jalan di Kota Semarang yang Ditutup, Catat Pengalihan Arusnya

Secara keseluruhan, terdapat 51 kategori penghargaan yang diberikan untuk para pelaku industri pariwisata di wilayah Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar).

Mulai dari hotel, resort, desa wisata, transport, souvenir, hingga penghargaan lifetime achievement.

Presiden ITTA Foundation, Panca Rudolf Sarungu berujar, Joglosemar Tourism Awards 2021 adalah gelaran perdana dan bertepatan dengan masa pandemi.

Karena itu, ia pun berharap, awarding bisa jadi pengungkit semangat insan pariwisata di kondisi serba sulit ini.

Terlebih, Panca memandang, kawasan Joglosemar memiliki potensi yang sangat besar di sektor pariwisata.

Sehingga, suntikan energi dirasa perlu, supaya gairahnya tak kendor diterpa pandemi berkepanjangan.

Dengan harapan, industri pariwisata bisa pulih seperti sedia kala.

“Makanya, kami buat event di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang. Kami melihat berita saat ini sangat miris, bahwa banyak hotel buntung di masa pandemi, dan award ini jadi salah satu upaya membangkitkan semangat,” katanya.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Melonjak, Pemkab Semarang Fokus Siapkan Penambahan Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Ia pun menyampaikan, proses online vooting dengan nominasi yang disusun dari tiga wilayah tersebut, sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu.

Hasil dari pemilihan, lantas diteliti lebih mendalam bersama Binus Business School, guna mengetahui kualitas nominasi di 51 kategori.

“Tentu, dalam proses kami tetap objektif. Kami sudah punya pengalaman melaksanakan event serupa, selama 11 tahun di berbagai daerah di Indonesia. Semoga, penghargaan ini bisa menyemangati para pelaku pariwisata dan memberikan inspirasi bagi teman-teman yang lain,” katanya.

Direktur Pemasaran BOB, Agus Rohyadi, menambahkan, industri pariwisata di area Joglosemar memang terdampak pandemi secara telak.

Baca Juga :  Bangun Semangat Pasien Covid-19 di Kota Semarang, Gubernur Ganjar Tawarkan Hadiah Khusus

Menurutnya, awarding semacam ini sangatlah penting, untuk merangsang kreativitas para pelaku yang berkecimpung di dalamnya.

“Tujuannya agar mereka yang belum dapat penghargaan bisa tertarik, sekaligus tertantang, untuk meningkatkan kualitas. Hasilnya, kekuatan pariwisata di Joglosemar akan semakin meningkat kedepannya,” cetus Agus.

Adapun beberapa penghargaan yang diberikan antara lain, Joglosemar Top Tourism Leader bagi Sri Sultan Hamengku Buwono X, Joglosemar Top Inspiring Leader bagi Gibran Rakabuming Raka, Joglosemar Lifetime Achievement bagi Tazbir, dan Joglosemar Top Hospitality Leader bagi Ganjar Pranowo.

Kemudian, Joglosemar Leading 5 Star Hotel untuk Alila Solo Hotel, Leading 4 Star Hotel untuk Best Western Premier Solo Baru dan Leading 3 Star Hotel untuk Swiss-Belinn Saripetojo Solo.Arya

tribunnews