GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Info Penting, Lowongan CPNS dan P3K di Kota Pekalongan Segera Dibuka

PEKALONGAN, GROBOGAN.NEWS-Sebanyak 527 formasi lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahun 2021 Kota Pekalongan siap ditempati oleh masyarakat.

Pelaksanaan rekrutmen akan dimulai dari tahap pendaftaran pada 30 Mei 2021 hingga  pemberkasan dan penetapan pegawai pada Desember 2021.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan, Budiyanto, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, tempo hari menjelaskan, formasi tersebut telah diperhitungkan secara matang dan ditetapkan oleh  Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Khusus Kota Pekalongan, sebelumnya kami telah mengusulkan formasi sebanyak 603 (formasi). Namun, yang disetujui oleh Kemenpan-RB ada 527 formasi untuk lowongan CPNS dan P3K di tahun 2021 ini,” terang Budiyanto.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Belum Usai, Pendaftar Jemaah Haji Asal Batang Alami Penurunan

Formasi CPNS, lanjutnya, terdiri dari 207 formasi tenaga kesehatan dan 131 formasi tenaga teknis. Sementara, formasi P3K terdiri dari 140 formasi P3K guru dan 49 formasi P3K tenaga kesehatan seperti bidan, ners, dan sebagainya.

Menurutnya, seleksi CPNS Dan P3K Tahun 2021 dimulai dari tahap pengumuman pada 30 Mei-13 Juni 2021, pendaftaran pada 31 Mei-21 Juni 2021, seleksi administrasi dan pengumuman hasil pada 1 Juni-30 Juni 2021.

Tahap selanjutnya adalah masa sanggah pada 1 Juli-11 Juli 2021. Lalu, pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) BKN pada Juli-September 2021.

Begitu pula dengan SKD P3K Non Guru yang direncanakan pada Juli-September 2021 atau setelah pelaksanaan SKD CPNS selesai di masing-masing lokasi. Khusus untuk formasi P3K Guru, seleksi kompetensi

Baca Juga :  Penyemprotan Disinfektan Serentak Kembali Digencarkan

diselenggarakan dengan sistem computer based test (CBT) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada Agustus, Oktober, dan Desember 2021.

Selanjutnya, pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS dijadwalkan pada September-Oktober 2021, pengumuman akhir dan masa sanggah pada November 2021, dan Penetapan NIP CPNS dan P3K pada Desember 2021.

Budiyanto mengimbau kepada masyarakat yang berminat ikut seleksi CPNS dan P3K agar segera mempersiapkan diri terutama mempersiapkan syarat kelengkapan administrasi dan memindainya secara elektronik.

Beberapa dokumen yang harus disiapkan, di antaranya pas foto berlatar belakang merah, ijazah, transkrip nilai, surat akreditasi instansi pendidikan, dan surat keterangan lain, seperti sertifikat pendidikan (serdik) untuk guru atau surat tanda registrasi (STR) untuk para tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Penyelesaian Permasalahan KTP di Kabupaten Batang Jadi Prioritas

“Dicermati kualifikasi persyaratannya seperti apa. Jika masih bingung bisa menanyakan melalui melalui website http://bkppdpelayananasn.pekalongankota.go.id maupun datang langsung ke kantor BKPPD setempat,” ujarnya.

Budiyanti juga meminta para calon pendaftar untuk tekun mempelajari materi-materi seleski, khususnya terkait wawasan kebangsaan, integensi umum, dan kepribadian.

“Usahakan untuk memperoleh skor setinggi mungkin, karena nanti dalam tes SKD hanya akan diambil (peraih) nilai tertinggi tiga kali dari formasi yang dibutuhkan untuk bisa melaju dalam tes SKB,” pungkasnya.RIS