GROBOGAN.NEWS Solo

Lebih dari 40 Ribu Warga Wonogiri Telah Divaksin Covid-19

Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

WONOGIRI, GROBOGAN.NEWS-Capaian vaksinasi di Kabupaten Wonogiri sampai dengan tanggal 24 Mei 2021 sebanyak 40.065 orang.

Pemerintah kabupaten juga siap untuk terus melakukan percepatan vaksinasi.

Demikian disampaikan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, usai acara Upacara Pembukaan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Wonogiri, di Kompleks Setda setempat, belum lama ini.

Menurutnya, capaian tersebut tidak bisa dikatakan besar atau kecil.

“Kabupaten Wonogiri, pemerintah daerah tidak memiliki otoritas untuk mencapai berapa persen vaksinasi. Yang kita pastikan adalah berapa kuota, berapa vial vaksin yang didistribusikan ke Kabupaten Wonogiri, kita pastikan akan segera kita implementasikan dengan melakukan vaksinasi,” ujar bupati.

Jekek, sapaan akrabnya, menyampaikan, seluruh fasilitas vaksinasi sudah siap di Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 399 orang vaksinator siap memberikan layanan di 39 fasilitas kesehatan, yakni 34 Puskesmas dan lima rumah sakit. Dari segi anggaran dan properti pendukung lainnya pun siap.

“Tidak ada kendala di kami. Tinggal kami menunggu kebijakan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi, berapa kuota yang didistribusikan di Kabupaten Wonogiri,” katanya.

Guna menunjang percepatan pelaksanaan vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Wonogiri juga telah menggelar vaksinasi pendampingan bagi para kelompok lanjut usia atau lansia di rumah Bupati Wonogiri, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa (18/5/2021) lalu.

Jekek menuturkan, yang dimaksud dengan vaksinasi pendampingan yakni satu kader melakukan sosialisasi atau mendampingi kepada lima lansia agar bersedia divaksin. Hal itu untuk mempercepat upaya vaksinasi.

Pemilihan lokasi vaksinasi dilakukan di rumah tokoh. Adapun pendampingan dari para kader desa akan menimbulkan pemahaman berbasis kultural. Masyarakat akan menjadi lebih teredukasi dalam memahami vaksinasi.

“Setelah digelar di Desa Jaten, pemkab dan Satgas akan melakukan evaluasi terkait efektivitas vaksinasi yang digelar di rumah tokoh. Jika menimbulkan pemahaman yang baik bagi lansia, akan dimodifikasi dan dikembangkan ke masing-masing kecamatan,” terangnya. Capaian vaksinasi di Kabupaten Wonogiri sampai dengan tanggal 24 Mei 2021 sebanyak 40.065 orang.RIS