GROBOGAN.NEWS Semarang

Padukan Literasi dan Pemberdayaan Ekonomi Warga, Inilah Perpusdes dari Desa Kenteng yang Masuk Nominasi Terbaik Tingkat Jateng

Ketua tim penilai lomba perpustakaan desa dan kelurahan Provinsi Jawa Tengah, Nugroho saat melaksanakan penilaian Perpustakaan Desa (Perpusdes) “Citra Ilmu” Desa Kenteng Kecamatan Susukan. Ist

 UNGARAN, GROBOGAN.NEWS-Dinilai mampu memadukan literasi digital dan pemberdayaan ekonomi warga, Perpustakaan Desa (Perpusdes) “Citra Ilmu” Desa Kenteng Kecamatan Susukan masuk nominasi terbaik tingkat Jawa Tengah.

Ketua tim penilai lomba perpustakaan desa dan kelurahan Provinsi Jawa Tengah, Nugroho mengakui kiprah itu saat penilaian lapangan di balai desa Kenteng, Selasa (25/5/2021) siang.

Dijelaskan oleh Nugroho, kegiatan lomba merupakan agenda tahunan yang dihelat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :  Gelombang Penularan Covid-19 Kian Terasa Menggema, Gubernur Ganjar Tegaskan Bupati dan Wali Kota di Jateng Tak Ragu Terapkan Lockdown Mikro

“Kita menempatkan perpusdes dan kelurahan sebagai ujung tombak memperluas akses literasi warga,” terangnya.

Melalui ajang lomba itu, lanjutnya, diharapkan para pengelola perpusdes dan kelurahan untuk berlomba meningkatkan mutu pelayanan literasi kepada warga.

Tak hanya sebagai tempat membaca buku, perpustakaan juga didorong menjadi tempat inklusif meningkatkan kesejahteraan warga.

Sehingga dikembangkan program literasi yang berdampak pada peningkatan usaha ekonomi produktif warga sekitar.

“Perpustakaan bisa bekerja sama dengan dinas / instansi terkait untuk membuka pelatihan usaha ekonomi produktif,” tambahnya lagi.

Baca Juga :  Meski Wilayahnya Zona Hijau, Gubernur Ganjar Tegaskan Para Kades Harus Tetap Waspada

Selain Perpusdes Kenteng, ditetapkan lima kandidat lainnya untuk mengikuti seleksi. Perpustakaan terbaik akan mewakili Jawa Tengah maju ke lomba yang sama tingkat Nasional.

Pengelola Perpusdes “Citra Ilmu” Kustiyani Ph.D menerangkan saat ini pihaknya telah membuat aplikasi perpustakaan berbasis digital dan bisa diunduh di google store.

“Ada banyak buku elektronik yang bisa diakses. Warga juga bisa mengusulkan buku apa yang harus diunggah,” ujarnya.

Baca Juga :  Info Penting! Guru PAUD di Kota Semarang Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

Tak hanya itu, perpusdes Kenteng juga melakukan pelatihan pembuatan batik, aneka kerajinan dan kudapan bagi warga setempat.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Semarang Hendy Lestari mewakili Bupati Semarang pada acara itu mengatakan pengembangan perpustakaan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Perpusdes Kenteng menjadi salah satu contoh pelayanan literasi yang bermutu,” pungkasnya. P. Yoga