GROBOGAN.NEWS Grobogan

Dua Orang Nekat Naik di Atas Kabin Truk Ditertibkan Aparat Kepolisian, Inilah Imbauan Penting dari AKP Lamsir

Kapolsek Kradenan AKP Lamsir saat melakukan penindakan terhadap pengemudi truk yang nekat mengangkut penumpang duduk di atas kabin truk. Ist

KRADENAN, GROBOGAN.NEWSSetiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Persyaratan teknis ini salah satunya terdiri dari pemuatan.

Yang dimaksud dengan “pemuatan” adalah tata cara untuk memuat orang dan/atau barang. Di wilayah Kradenan, Kabupaten Grobogan terjadi peristiwa pelanggaran tata cara memuat orang.

Atas peristiwa tersebut, Aparat Polsek Kradenan langsung menindak tegas pengemudi truk yang kedapatan mengangkut penumpang di atas kabin truk.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (24/5) kemarin.  Melihat hal tersebut, Kapolsek Kradenan, AKP Lamsir langsung memberikan teguran keras terhadap pengemudi yang mengangkut dua orang yang nekat duduk di atas kabin truk.

Baca Juga :  Sebelum Ditemukan Tewas di Aliran Sungai Lusi, Seorang Warga Asal Desa Kedungrejo Purwodadi Telah Menderita Pikun

Oleh AKP Lamsir, truk tersebut langsung dihentikan saat melintas di pertigaan Kradenan. Saat itu Kapolsek memimpin giat pengecekan dan pengaturan arus lalu lintas.

Data yang berhasil dihimpun, AKP Lamsir langsung sopir truk tersebut.

“Pak, kendaraan bak terbuka ini bukan untuk mengangkut orang. Patuhi peraturan yang berlaku ya, supaya tidak terjadi kecelakaan,” tandas AKP Lamsir.

Baca Juga :  Sebanyak 71 Nakes di RSUD Purwodadi Terinfeksi Covid-19

AKP Lamsir menyampaikan lebih lanjut, teguran kepada sopir truk ini hanya untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan korban jiwa.

Setelah memberikan teguran kepada sopir, AKP Lamsir juga memerintahkan para penumpang untuk turun.

“Ayo turun-turun. Jangan menumpang di atas kabin truk. Ini berbahaya. Jika terjadi kecelakaan yang rugi siapa? Jenengan (Anda) sendiri ‘kan. Ini juga malah tidak pakai masker. Ini ada masker, langsung dipakai,” tandas AKP Lamsir.

Baca Juga :  Kisah Bahagia Jamin Warga Penawangan Mendadak Didatangi Tamu Istimewa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Terendam Banjir Rumah Segera Diperbaiki  

AKP Lamsir juga menegaskan kepada para penumpang agar menumpang alat transportasi yang tersedia untuk berangkat kerja atau ke pasar.

Aktivitas seperti ini sangat berbahaya dan potensial serta fatalitas korban kecelakaan sangat tinggi.

“Kami selalu rutin melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat dan pengemudi yang menggunakan kendaraan bak terbuka sebagai sarana angkut manusia. Kalau terjadi seperti ini lagi, maka akan kami tindak tegas,” imbuh AKP Lamsir.Arya