GROBOGAN.NEWS Semarang

Kapolri Tegaskan Sudah Banyak Kendaraan Pemudik Diputar Balik, Bersama Ketua DPR Menteri Perhubungan dan Panglima TNI, Kapolri Tinjau Gerbang Pos Pejagan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau Operasi Ketupat 2021 di Pos Pam Gerbang Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah,  Minggu (9/5) kemarin. Turut hadir dalam peninjauan, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kunjungan tersebut dalam rangka pengecekan dan memantau kesiapan di Pos Pam di wilayah tersebut. Ist

BREBES, GROBOGAN.NEWS-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau Operasi Ketupat 2021 di Pos Pam Gerbang Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah,  Minggu (9/5) kemarin.

Turut hadir dalam peninjauan, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kunjungan tersebut dalam rangka pengecekan dan memantau kesiapan di Pos Pam di wilayah tersebut.

Kapolri mengatakan bahwa Operasi Ketupat tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Diketahui, bahwa kunjungan Kapolri dan Panglima TNi ini dilakukan, dalam rangka pengecekan dan memantau kesiapan di pospam tersebut.

Dikatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa OPS Ketupat tahun ini memang berbeda dengan tahun kemarin. Hal ini untuk mencegah laju penyebaran Covid-19.

“Dalam kegiatan ini, kita meninjau beberapa pos penyekatan di beberapa titik ini. Kita juga mengecek jumlah laju kendaraan yang masuk ke setiap daerah dan berapa yang sudah dilakukan putar balik,” kata Kapolri.

Baca Juga :  Penyelesaian Permasalahan KTP di Kabupaten Batang Jadi Prioritas

Dari hasil penyekatan yang dilakukan ini, lanjut Kapolri, sudah banyak kendaraan yang dilakukan untuk putar balik.

Hal ini berdasarkan data dari Jawa Tengah berjumlah 10 ribu kendaraan diputar balik, sedangkan di Jawa Timur ada 2 ribu hingga 3 ribu kendaraan diputar balik.

“Data tersebut berdasarkan jumlah data yang ada. Sedangkan jumlah peminat mudik tahun ini sudah turun menjadi 18 persen, kemudian dengan adanya himbauan kepada masyarakat dari kami, turun menjadi 11 persen, hal ini menunjukkan hasil yang positif,” jelas Kapolri.

Kapolri juga menambahkan, dari data angka penularan Covid-19 dari jumlah 4 ribu kini menjadi 6 ribu. “Ini akan kita jaga terus sampai akhir lebaran nanti dan seterusnya,” ungkap Kapolri.

Sementara itu, Ketua DPR-RI Puan Maharani, juga menyampaikan, hari ini ia ikut memantau kegiatan larangan mudik bersama Kapolri dan Panglima TNI.

Baca Juga :  Inilah Doa dan Harapan dari Gubernur Ganjar untuk Presiden Jokowi di Hari Ulang Tahun ke-60, Gibran Tegaskan Tidak Ada Perayaan

Dari pantauan udara, ia melihat penyekatan yang dilakukan Polri di beberapa titik di daerah Jawa Tengah dan daerah lainnya sudah sangat bagus.

“Alhamdullilah kesadaran masyarakat sudah dapat tertata, dan juga dapat memahami anjuran pemerintah dengan larangan mudik, saya juga melihat dari udara, semua jalan sedikit lengang tidak seperti tahun kemarin,” kata ketua DPR RI ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan TNI Polri pada lebaran tahun ini sangatlah baik dalam penyekatan arus mudik ini, untuk mencegah laju pemudik yang akan mengakibatkan dampak penyebaran Covid-19.

“Kita berikan apresiasi kepada TNI Polri dalam melakukan tugasnya pada lebaran tahun ini, sehingga penyebaran Covid-19 turun 5 persen. Namun, saya harapkan jangan kita lengah, harus tetap waspada,” ungkap Menhub.

Baca Juga :  Penyemprotan Disinfektan Serentak Kembali Digencarkan

Terpisah, usai melakukan peninjauan dari Kapolri, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi juga melakukan peninjauan Arus Lalu Lintas di Gate Tol Pejagan, Brebes. dengan didampingi Pangdam IV/Dip, Karoops, Karolog, Dirlantas, Direskrimsus, Dirintelkam, Direskrimum, Dansat Brimob dan Kabidhumas.

“Dari 14 pintu pos penyekatan di Jawa Tengah, Polda Jateng telah melakukan putar balik kendaraan dari Jateng ke Jabar sebanyak 2682 kendaraan,” jelas Kapolda Jateng.

Lanjut Kapolda Jateng, selain kendaraan yang mengarah ke Jabar dan sebaliknya, Polda Jateng juga memutar balikkan kendaraan dari Jateng ke Jatim sebanyak 1853 kendaraan, Dan dari Jateng – DIY sebanyak 371 kendaraan.

“Putar balik wil perbatasan selama tiga hari Ops ketupat candi 2021, totalnya berjumlah 4706 kendaraan,” ungkap Luthfi. Frieda | Satria