GROBOGAN.NEWS Solo

Gadis Cantik Asal Solo Anna Silvia Dulu Diejek Saat Mau ke Luar Negeri, Kini Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021

Anna Silvia. Ist

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Wanita cantik Anna Silvia kini tengah pembicaraan usai mewakili Indonesia dalam ajang Miss Elite World 2021.

Anna Silvia yang kini tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab, dan bekerja di Emirates Airlines merupakan sosok yang berasal dari Menangan, Kecamatan Serengan, Kota Solo.

Sebelum berada di posisi ini, lulusan SMAN 1 Solo itu lebih dulu melewati jalan berliku. Bahkan dirinya sempat tak yakin bisa mewujudkan mimpinya itu.

Menurut mantan Puteri Solo 2012 itu, mimpi ke luar negeri cukup mustahil mengingat di lingkungannya, gadis seusianya harus segera menikah. Selain itu, keluarga Anna yang super religius juga menjadi tantangan tersendiri. Tak pelak, dia malah diejek oleh lingkungannya saat ingin pergi ke Malaysia.

Dari awal ke luar negeri saya bangun dari nol dan saya membiayai diri sendiri. Meskipun keluarga saya terbilang mampu. Mimpiku adalah tanggung jawabku. Saya tidak ingin jadi beban, saya memutuskan mencari beasiswa sejak di kampus,” ungkap Anna, Kamis (6/5/2021).

Namun, cita-cita alumnus Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu cukup besar. Salah satunya mengunjungi tiga kota di tiga negara berbeda, yakni Napoli di Italia, Istanbul di Turki, dan Dubai di UEA.

Baca Juga :  Kasus Baru Covid-19 di Sukoharjo Melonjak Lagi, Masyarakat Diminta Tak Bosan Terapkan Prokes

Saat kuliah, Anna bergabung dengan organisasi pertukaran pelajar, AISEC. Dari situ ia berhasil mewujudkan mimpinya mengunjungi Italia pada akhir masa perkuliahan. Selama di Italia pada Mei hingga Juli 2013, ia dibiayai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kunjungan ke Italia itu pun membuka pandangannya untuk berkeliling dunia. Setelah lulus kuliah, ia mengikuti program work away. Program itu membawanya ke negara impian ke dua yakni, Turki.

Di Istanbul, Turki, ia magang berbagai pekerjaan yang tak biasa ia lakukan. Dari magang itu, ia memperoleh tempat tinggal dan makan gratis meskipun tanpa digaji selama tiga bulan pada September 2016.

Perempuan asal Solo itu pun diterima sebagai pramugari Qatar Airways dan bekerja di Qatar. Dari sana ia mencari peluang lain dan mendapat informasi Emirates Airline, maskapai dari negara ketiga di daftar cita-citanya, UEA, membuka perekrutan.

Baca Juga :  Inilah Sejumlah Pembangunan Infrastruktur di Kota Solo yang Jadi Prioritas Wali Kota Gibran

“Saat itu open recruitment di Jakarta, cukup terkejut dengan jumlah peserta yang mencapai 2.000-an orang dari seluruh dunia. Hanya empat orang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan yang diterima Emirates Airline. Saya termasuk yang berangkat ke Dubai,” ujarnya.

Anna bercerita diterima di Emirates Airline pada percobaan pertama. Padahal saat berusia 18 tahun dara asal Solo itu pernah mendaftar sebagai pramugari di maskapai besar Indonesia, namun ditolak. Ia mengakui kurang persiapan.

“Mimpi itu akhirnya jadi nyata. Padahal sering kali saya disepelekan. Saya berangkat dari Solo, dan merasakan mimpi itu jadi nyata,” paparnya.

Sementara di ajang Miss Elite World 2021, Anna masuk ke babak grand final yang digelar di Mesir pada 29 Mei 2021 mendatang.

Dia menceritakan, awal mula mengikuti ajang itu diajak oleh rekannya Miss Rumania dan runner up Miss Europe. Lantas, ia mengikuti ajang itu melalui tahapan seleksi ketat.

Ia pun lolos mewakili Indonesia. Ia mengaku sempat minder dari tinggi fisik yang hanya 165 sentimeter. Padahal lawan-lawannya sangat tinggi dan sangat profesional.

Baca Juga :  Jumlah Pasien Covid-19 di Sragen Naik Terus. Total Sudah 8.496 Orang

“Lawan saya dalam Miss Elite World kali ini ya Miss Universe dari negara mereka masing-masing. Ini pertama kali saya bertanding di internasional,” ujar dia.

Ia menjelaskan selama perlombaan bakal menjalani 10 hari karantina pada 19 Mei 2021 mendatang. Selama karantina itu berbagai kegiatan seperti konfrensi pers, kunjungan budaya, dan berbagai sesi perlombaan.

“Saat Grand Final saya diwawancarai oleh panitia Miss World Elite. Saya bersaing dengan 32 wakil negara lain. Saya memakai kostum nasional menggandeng Rory Wardana Poesponingrat pada malam grand final. Temanya pakaian adat Kalimantan,” papar dia.

Ia juga memakai gaun karya Temraza, yang merupakan 1st Award Winner Designer di Paris Fashion Week 2015.

Masyarakat Indonesia dapat mendukung Anna dengan cara vote di misseliteworld.com di nomor 14. Ajang itu memperbutkan banyak juara kategori.

Ia menjelaskan Miss World Elite merupakan ajang sangat bergengsi. acara itu menghadirkan artis terkenal dari Middle East seperti Tamer Hosny asal Mesir dan Nawal Alzoghby dari Lebanon. Prabowo