GROBOGAN.NEWS Grobogan

1 Penumpang di Grobogan Dinyatakan Positif Covid-19 saat Jalani Swab Antigen, Polres Grobogan Tegaskan Pentingnya Surat Keterangan Hasil Swab

Jajaran Polres Grobogan menggelar operasi kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) bersama tim gabungan, Kodim 0717/Purwodadi, Satpol PP Grobogan, Dishub Grobogan dan Dinkes Grobogan menggelar swab antigen kepada para pengendara di wilayah Putat, Kota Purwodadi.

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Jajaran Polres Grobogan bersama instansi terkait diketahui menggelar swab antigen kepada para pengendara ke arah Jakarta pasca mudik lebaran.

Operasi kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) terus dilakukan tim gabungan dari Polres Grobogan, Kodim 0717/Purwodadi, Satpol PP Grobogan, Dishub Grobogan dan Dinkes Grobogan.

Operasi dengan sasaran kendaraan plat luar daerah yang menuju ke arah Jakarta ini dicek laik atau tidaknya kendaraan beserta penumpangnya.

Dari sejumlah pengendara yang dilakukan pengecekan, petugas menemukan satu orang yang positif virus corona atau Covid-19.

Baca Juga :  Kepatuhan Warga Ikuti Ketentuan Kebijakan Grobogan Satu Hari di Rumah Saja Diapresiasi

Kanit Regiden Polres Grobogan Iptu Joko Susilo menyampaikan, hasil pelaksanaan swab antigen di titik wilayah Putat, Kecamatan Purwodadi, pada Sabtu (22/5) sore kemarin, petugas melakukan pengecekan penumpang bus yang akan berangkat ke Jakarta.

Para penumpang yang hendak berangkat, langsung melakukan tes swab antigen. Satu penumpang pertama yang melakukan tes tersebut dinyatakan positif.

“Setelah mengetahui adanya satu penumpang pertama yang reaktif, langsung kita lakukan tes swab kepada 31 penumpang lainnya. Dari total 32 penumpang ini, hanya satu yang dinyatakan reaktif,” terang Iptu Joko.

Baca Juga :  Siap-siap! Pemkab Grobogan Kembali Gulirkan Gerakan Satu Hari di Rumah Saja, Seluruh Destinasi Wisata, Tempat Hiburan hingga Pasar Rakyat Kembali Ditutup Sementara

“Selanjutnya, kami bersama-sama koordinasi dengan pimpinan dan diputuskan yang nonreaktif boleh melanjutkan perjalanan, sedangkan yang reaktif tadi langsung kita ambil tindakan untuk pencegahan,” jelas Iptu Joko Susilo, yang memimpin operasi tersebut,” imbuh dia.

Iptu Joko Susilo menambahkan, operasi ini dilakukan guna menyekat kendaraan beserta penumpangnya yang hendak berpergian dari luar daerah.

Menurut dia, masih ada warga yang melakukan perjalanan tanpa membawa surat rekomendasi dari fasilitas kesehatan terkait kondisi kesehatan masing-masing.

“Imbauan kami, saat melakukan perjalanan harap membawa surat hasil swab agar mengetahui kondisi kesehatan masing-masing saat melakukan perjalanan ke luar daerah,” jelas dia.

Baca Juga :  Info Penting ! Pemkab Grobogan Kembali Terapkan Gerakan Satu Hari di Rumah Saja, Inilah Peraturan Detailnya

“Perlu diingat, virus Covid-19 ini belum berakhir penyebarannya, karena itu perlu adanya kesadaran dari kita masing-masing untuk tetap taat pada protokol kesehatan, pakai masker, sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer serta jaga jarak,” terang dia.

“Serta kurangi mobilisasi keluar daerah jika tidak terlalu penting, guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” sambung Iptu Joko.Arya