GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramdan Digelar Senin Pekan Depan Secara Langsung dan Daring

Pantauan hilal di Candi Sukuh Karanganyar. Foto: Joglosemarnews/Wardoyo

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah yang akan berlangsung Senin (12/4/2021) mendatang, bakal dilakukan secara daring maupun secara langsung.

Sebagian peserta sidang hadir secara langsung sementara sebagian lainnya akan hadir secara virtual.

“Insya Allah, sidang Isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring, dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, melalui keterangan tertulis, Kamis (1/4/2021).

Lebih lanjut, diterangkan Kamaruddin, dalam melihat hilal untuk menentukan awal Ramadan, akan dilakukan Rukyatul Hilal di 86 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Di Jakarta, Rukyatul Hilal antara lain akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy’ari, dan Masjid Al Musyari’in Basmol,” kata Kamaruddin, dikutip Liputan6.com, Senin (5/4/2021).

Oleskan INI ke kakimu yang sakit & arthrosis lenyap sepenuhnya dalam 4 hari

Oleskan INI ke kakimu yang sakit & arthrosis lenyap sepenuhnya dalam 4 hari

Sidang Isbat tersebut nantinya akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemenang juga melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan undangan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII untuk hadir dalam sidang,” jelas Kamaruddin.

Sementara itu, ditambahkan Direktur Urusan Agama Islam Kemenag, Agus Salim, pelaksanaan sidang Isbat awal Ramadan 1442 H akan menerapkan protokol kesehatan. Lokasi sidang akan terlebih dahulu disterilisasi menggunakan disinfektan.

Selain itu, peserta terbatas yang diundang hadir juga akan dilakukan pembatasan jarak, pemindaian suhu tubuh, dan wajib mengenakan masker. Sidang Isbat akan disiarkan oleh TVRI dan media sosial Kementerian Agama.

Nantinya, gelaran sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung.

“Tahap kedua, sidang Isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup. Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agamayang akan disiarkan TVRI dan Medsos Kemenag,” kata Agus. Agni

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/04/sidang-isbat-penentuan-awal-bulan-ramadan-akan-digelar-senin-pekan-depan/