Kepala KUA Tanon, Sragen, Nurwafi Hamdan Dikukuhkan Sebagai Ketua Asosiasi Penghulu Sragen

Nurwafi Hamdan / Foto: Wardoyo
  • Bagikan

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Nurwafi Hamdan, yang selama ini menjadi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanon, Sragen, dikukuhkan sebagai Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Sragen periode 2020-2024.

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Sragen, Hanif Hanani, yang dihadiri Kanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad.

Baca Juga :  Mahasiswa UNS Wafat saat Diklat Menwa, Inilah Ungkapan Keprihatinan Bupati Karanganyar

Acara pelantikan berlangsung  di aula Kemenag Sragen, Senin (19/4/2021).

Namun susana masih pandemi Covid-19, Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan ketat dan penerapan jaga jarak semua undangan.

Wafi, sapaan akrab Nurwafi, dilantik sebagai ketua APRI Cabang Sragen didampingi Puji Asputro sebagai Sekretaris. Mereka akan memimpin APRI Sragen yang membawahi 25 Kepala KUA di Kabupaten Sragen.

Baca Juga :  Polemik Banteng Vs Celeng, Relawan Dulur Ganjar, Sragen Kian Solid

Seusai pelantikan, Nurwafi mengungkapkan pendirian APRI itu merupakan implementasi Peraturan Menteri Agama RI Nomor 7 tahun 2020 tentang Pembentukan Organisasi Profesi Jabatan Fungsional, setiap Jabatan Fungsional wajib memiliki 1 (satu) Organisasi Profesi yang bersifat mandiri.

Di mana salah satu Profesi Jabatan Fungsional dilingkungan Kementerian Agama RI adalah Jabatan Fungsional Penghulu.

Baca Juga :  Mahasiswa UNS Wafat Usai Diklatsar UKM Menwa, Inilah Penjelasan dari Pihak Kampus

“Dari Dirjen Bimas Islam mengeluarkan Surat Edaran agar APRI dibentuk di setiap Kabupaten/Kota. Keberadaan APRI secara berjenjang ada di tingkat Pusat, Wilayah Provinsi dan di Kabupaten/Kota sebagai cabang,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

  • Bagikan