GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Jelang Mudik Lebaran, Sebanyak 333 Titik Jalur Mudik Bakal Disekat

Ilustrasi Tim gabungan Polres Sragen saat memeriksa bus pemudik yang terpantau di exit Tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen / Foto: Wardoyo

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Menyusul larangan mudik lebaran 2021 dari pemerintah, Polri mulai menyiapkan 333 titik untuk penyekatan jalur mudik di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Istiono Jumat (2/4/2021).

Ia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 333 titik penyekatan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Penyekatan diberlakukan untuk memastikan masyarakat tidak mudik lebaran 2021 sebagaimana keputusan pemerintah.

“Baik di jalur arteri maupun jalur tol. Baik menuju Jawa maupun menuju luar Jawa. Sebanyak 333 titik ini terutama dari Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ujar Istiono melalui keterangan tertulis pada Jumat (2/4/2021).

Istiono pun bakal menyiapkan aturan khusus untuk diterapkan personel di lapangan. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa larangan mudik oleh pemerintah dilakukan lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Mengutip data Gugus Tugas Covid-19, bahwa setiap ada libur panjang, kasus positif Covid-19 selalu naik.

“Data menunjukkan bahwa setiap libur panjang itu terjadi peningkatan penularan Covid-19 yang cukup signifikan. Tidak ada kata lain adalah kita harus antisipasi semuanya,” kata Istiono.

Pemerintah melarang mudik lebaran 2021 mulai 6 hingga 17 Mei 2021 bagi seluruh kalangan masyarakat, termasuk aparatur sipil negara (ASN), TNI -Polri, karyawan swasta maupun pekerja mandiri. Daniel

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/04/larangan-mudik-lebaran-333-titik-jalur-mudik-di-seluruh-indonesia-bakal-disekat-simak-rute-yang-paling-banyak-disekat/