GROBOGAN.NEWS Solo

Empat Jembatan dan Gorong-gorong di Sragen Rusak Parah Dihajar Bencana Alam

Ilustrasi
IMG 20210131 WA0035 1
Ilustrasi

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Sejumlah infrastruktur jembatan dan gorong-gorong di Kabupaten Sragen mengalami kerusakan parah sebagai dampak dari cuaca ekstrem yang gerjadi beberapa hari belakangan ini.

Tercatat ada 4 jembatan dan gorong-gorong di sejumlah wilayah di Sragen yang dilaporkan ambrol dan ambles akibat diguyur hujan deras.

Fakta itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sragen, Marija mengatakan saat ini ada 2 jembatan dan 2 gorong-gorong yang rusak akibat diguyur hujan deras beberapa waktu terakhir.

Baca Juga :  Pria Asal Sragen Ini Melampiaskan Dendam Kesumat pada Kasir Toko Pet Shop dengan Cara Merampoknya dengan Senjata Golok

Jembatan yang ambles itu ada di Kalijambe dan satunya di perbatasan Desa Puro-Guworejo Kedawung. Kemudian ada dua titik gorong-gorong yang ambles.

“Ada dua gorong-gorong yang ambles di jalan Sambi-Bayanan Kecamatan Sambirejo. Sekarang baru dikerjakan perbaikannya,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (3/4/2021).

Kemudian dua jembatan yang ambrol di Kalijambe dan Kedawung juga sedang diperbaiki.

Baca Juga :  Diam-diam Kasus Positif Covid-19 di Sukoharjo Sudah Tembus 5.342 Kasus

Perbaikan itu dilakukan dengan dana anggaran rutin pemeliharaan infrastruktur tahun 2021. Tahun ini anggaran rutin pemeliharaan dialokasikan Rp 5,7 miliar.

Mengingat banyak infrastruktur jembatan dan gorong-gorong yang rusak akibat bencana, sehingga anggaran pemeliharaan sementara difokuskan untuk penanganan kerusakan akibat bencana itu.

“Anggaran Rp 5,7 miliar itu sebenarnya untuk pemeliharaan jalan di seluruh Sragen. Cuma karena sekarang banyak kerusakan infrastruktur karena bencana, sehingga kita dahulukan untuk perbaikan itu. Itu memang agak banyak sekali menyerap anggaran rutin,” terangnya.

Baca Juga :  Bupati Sragen Tolak Wacana Pejabat Eselon II Didrop dari Pusat, Ini Alasannya!

Perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana diprioritaskan karena jika harus menunggu dana rutin proyek dan lelang, maka terlalu lama menunggu. Sementara keberadaan jembatan dan gorong-gorong yang ambrol sangat mendesak untuk kelancaran akses masyarakat. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/04/diterjang-cuaca-ekstrim-4-jembatan-dan-gorong-gorong-di-sragen-ambles-dan-ambrol-anggaran-pemeliharaan-rutin-infrastruktur-rp-57-m-difokuskan-untuk-penanganan/