GROBOGAN.NEWS Solo

Sudah Berbulan-bulan 11 Kursi Eselon II di Sragen Kosong

ilustrasi kursi jabatan

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Sudah berbulan-bulan sebagian dari 11 jabatan Kepala Dinas dan jabatan setara eselon II di Pemkab Sragen kosong.

Bahkan akibat kekosongan itu, sebagian Kadinas terpaksa harus merangkap untuk mengampu sebagai pelaksana tugas (PLt).

Dua jabatan eselon II yang kosong terakhir adalah Kadinas Satpol PP dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Dua Kadinas pengampunya yakni Heru Martono dan Haryatno Wahyu L Wiyanto, sama-sama purna tugas per 1 April lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Sragen, Sutrisna mengatakan sejauh ini memang sudah 11 jabatan eselon II yang kosong.

Masing-masing Asissten I, Asisten II, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda), Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM).

Baca Juga :  Diduga Bancaan Tanah OO, Perdes Desa Trombol Sragen Dipolisikan

Kemudian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Peternakan dan Perikanan (disnakan) dan Dinas PPKBP3A.

“Sudah ada 11 jabatan eselon II yang saat ini kosong. Yang terakhir kemarin Satpol PP dan Dispendukcapil,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Senin (5/4/2021).

Untuk mengampu kekosongan, semua jabatan di atas sementara dijabat oleh PLt. Kursi Kepala Satpol PP diampu Kepala Dinas LH, Samsuri sebagai PLt.

Sementara kursi Kadispendukcapil diampu Kepala Disperkim, R Suparwoto. Untuk Dinas Perhubungan yang PLt-nya sebelumnya diampu Heru Martono, sementara dijabat oleh Sutrisna, Kepala BKPSDM.

Baca Juga :  Mobilio Gasak Pemotor Perempuan di Banaran Sragen Hingga Tewas

“Untuk pengisian kami masih menunggu petunjuk dari pimpinan,” terang Sutrisna.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto sebelumnya menyampaikan, Pemkab sudah berupaya menyampaikan masalah tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Dari kemendagri Kita diminta untuk mengajukan seleksi. Jadi open bidding seperti sebelumnya,” katanya beberapa waktu lalu.

Ia menyampaikan dengan demikian menjadi kesempatan untuk pejabat eselon 3 dan 4 untuk menggantikan.

Salah satu syaratnya tentu harus melalui seleksi. Tatag menyampaikan seleksi tersebut terbuka untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari luar Kabupaten Sragen ikut bersaing selama memenuhi persyaratan.

Baca Juga :  Bupati Sragen Tolak Wacana Pejabat Eselon II Didrop dari Pusat, Ini Alasannya!

Selain pensiun, untuk Inspektur Inspektorat kabupaten Sragen Wahyu Widayat mengikuti Seleksi Widyaiswara Provinsi Jawa Tengah.

Dengan demikian, bisa ditarik ke Pemprov Jateng dan memperpanjang massa bakti hingga usia 65 tahun.

Saat ini pihaknya harus segera menyiapkan seleksi open bidding. Sedangkan pelaksanaanya menunggu surat dari Kemendagri untuk memberikan ijin seleksi.

“Semoga secepatnya saja. Saat ini sudah banyak yang ditarik jadi Plt,” harapnya.

Sekda juga menekankan tidak hanya pejabat eselon 2 saja yang pensiun. Beberapa pejabat eselon 3 setingkat camat atau kabid juga sudah persiapan pensiun. Bahkan beberapa diantaranya sudah pensiun. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/04/2-kepala-dinas-lengser-sudah-11-kursi-eselon-ii-di-sragen-kosong-berbulan-bulan-sejumlah-kadinas-harus-rangkap-jabatan/