GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

12.000 Penerima Kartu Prakerja Belum Beli Pelatihan Paket, PMO Ingatkan, Paling Lambat 29 April 2021

Ilustrasi kartu prakerja / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Head of Communications Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tahutu mengatakan, ada 12.000 peserta Kartu Prakerja yang lolos seleksi gelombang 16, tapi belum juga membeli paket pelatihan pertama, sampai dengan Jumat (23/4/2021).

Karena itu, Louisa  mengingatkan bahwa batas akhir pembelian pelatihan untuk peserta gelombang tersebut adalah Kamis (29/4/2021), pukul 23.59 WIB.

“Kami sangat berharap peserta gelombang 16 dapat segera membeli pelatihan pertamanya sebelum batas akhir,” kata Louisa di Jakarta, Sabtu (24/4/2021).

Ia mengingatkan, penerima Kartu Prakerja yang tidak membeli paket pelatihan sampai tenggat waktu yang telah ditentukan, mereka  akan terancam gagal menerima stimulus.

PMO Kartu Prakerja sebelumnya mencatat, ada 35.809 orang yang kepesertaannya telah dicabut.

Jumlah itu tercatat dari total peserta gelombang 12 hingga 15. Louisa mengatakan para peserta ini tidak membeli paket pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima bantuan Kartu Prakerja.

“Begitu banyak orang yang ingin bergabung dengan Program Kartu Prakerja, jangan sia-siakan kesempatan yang sudah ada di dashboard,” tutur Louisa.

Selanjutnya, Louisa memungkinkan PMO bakal membuka penerimaan Kartu Prakerja gelombang ke-17. Bukan bersifat penambahan kuota, gelombang ini dibuka untuk memulihkan status kepesertaan para penerima bantuan yang dicabut.

“Jadwalnya setelah kami selesai melakukan rekonsiliasi data,” ujar Louisa.

Seperti tahun sebelumnya, peserta Kartu Prakerja akan menerima insentif sebesar Rp 3,55 juta. Dari total itu, Rp 1 juta di antaranya akan digunakan untuk membeli paket pelatihan secara daring.

Sedangkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta bakal diberikan secara tunai sebanyak empat kali (Rp 600 ribu per bulan) setelah peserta Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihannya dan mengisi rating. Sedangkan insentif Rp 150 ribu akan diberikan bila peserta telah mengisi tiga kali survei. Daniel

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/04/ternyata-ada-12-000-penerima-kartu-prakerja-belum-beli-paket-pelatihan-lewat-29-april-dana-stimulus-dicabut/