GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Tjahjo Kumolo: Setiap Kali Penerimaan CPNS, Pasukan Calo Selalu Gentayangan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.  Dok. Kemenpan-RB

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Fakta banyaknya Calo yang sering bergentayangan setiap kali digelar penerimaan CPNS menjadi perhatian serius dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo.

“Setiap ada CPNS ini yang namanya pasukan calo ini bergentayangan di mana-mana. Saya kira setiap tahun ini pasti ada,” ungkap Tjahjo dalam rapat kerja Kementerian PAN RB dengan Komisi II DPR RI, pada Rabu (24/3/2021).

Menteri Tjahjo bahkan membeberkan pengalaman yang dialaminya saat menghadapi masalah calo pada penerimaan CPNS di tahun 2019.

Tjahjo menceritakan, saat itu ada calo yang membawa lebih dari 10 orang berpakaian putih untuk mendatangi kediamannya.

Baca Juga :  Kasus Obat Invermectin, ICW Endus Adanya Indikasi Keruk Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19

Para korban penipuan oleh calo itu pun mengaku mengalami kerugian total mencapai miliaran rupiah.

“Sebagai contoh saja yang penerimaan (CPNS) 2019 itu ada yang tega, bawa sejumlah orang lebih dari 10 pakaian putih-putih lengkap mendatangi rumah saya. ‘Ini katanya pak Menpan mau menyerahkan SK khusus’ dan itu dikumpulkannya di hari-hari libur ya. Di Gedung DPR ini sampai bisa ratusan orang,” jelas Tjahjo.

“Alhamdulillah orangnya sudah ditangkap, itu sampai puluhan miliar, itu dia ditangkap oleh Polda Metro Jaya di satu jaringan ini,” imbuhnya, seperti dikutip Tribunnews.com.

Namun Tjahjo mengakui, upaya memberantas calo CPNS bukan sesuatu yang mudah. Salah satu alasannya, para calo tersebut memiliki modus yang beragam dalam menggaet korbannya.

Baca Juga :  Bersama Perpanjangan PPKM Level 4, Pemerintah Bakal Menambah Bantuan Sosial

Ditambah lagi, lanjut Tjahjo, fakta bahwa kebanyakan calo CPNS yang berhasil diamankan itu diketahui adalah mantan PNS.

“Untuk calo sangat sulit karena modusnya macam-macam. Yang ditangkap itu juga mantan PNS yang punya jaringan,” jelas Tjahjo.

“Tapi di (Kementerian) PAN RB dan BKN (Badan Kepegawaian Nasional) sudah memperkuat rambu-rambu. Itulah (para calo) jadi sulit untuk bermain, karena sanksinya kalau ketahuan ya kita pecat kalau memang bermain,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, tahun ini pemerintah akan kembali menggelar penerimaan CPNS. Menurut Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, tahap seleksi CPNS 2021 sudah akan dimulai pada April mendatang.

Baca Juga :  Rencana Luhut Produksi Laptop Merah Putih Dikritik Susi Pudjiastuti. Mendingan Uangnya untuk BLT Rakyat

Namun yang pertama dimulai adalah seleksi untuk sekolah kedinasan yang ada di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga.

“Tahun ini kami berharap pada bulan April sudah bisa dimulai pendaftaran terutama untuk sekolah kedinasan. Karena apa? karena kami tidak ingin itu disatukan, agar protokol kesehatan bisa terjaga, karena kalau terlalu banyak ini agak sulit menjaga protokol kesehatannya,” ujar Bima.

Selanjutnya, pendaftaran bagi guru dengan skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), PPPK non-guru, dan CPNS yang rencananya akan dimulai antara Mei sampai Juni 2021. Setelahnya baru gelaran seleksi CPNS 2021 akan dimulai. Agni

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/03/menteri-pan-rb-tjahjo-kumolo-buka-bukaan-soal-calo-yang-bergentayangan-tiap-ada-penerimaan-cpns-beberkan-pengalamannya-di-tahun-2019/