Tinjau Lokasi Vaksinasi Pedagang Malioboro di Yogyakarta, Presiden Jokowi Tanya Tukang Becak Pengalaman Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Beringharjo, Malioboro, Yogyakarta, pada Senin (1/3/2021). Foto: Dokumentasi Humas DI Yogyakarta
  • Bagikan

YOGYAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi digelarnya vaksinasi Covid-19 untuk pedagang kaki lima (PKL) Malioboro di Yogyakarta, Senin (1/3/2021). Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Pasar Beringharjo dan Beteng Vredeburg.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu, yang menjadi sasaran penerima yakni para pedagang, pengayuh becak, kusir andong, hingga para pekerja pariwisata di Malioboro lainnya, termasuk pemandu wisata.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi pun menyempatkan berdialog dengan sejumlah orang yang divaksin, salah satunya seorang pengayuh becak bernama Paimin yang sehari-hari mangkal di depan hotel bintang empat di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

“Pripun pak, rasane? (bagaimana pak, rasanya?) (disuntik vaksin),” tanya Jokowi singkat.

“Mboten nopo-nopo pak. Penak kok. Mboten wonten efek nopo-nopo (Tidak apa-apa pak. Enak kok. Tidak ada efek apa-apa),” jawab Paimin, yang juga adalah ketua Paguyuban Becak Kayuh Wisata Yogyakarta Istimewa. Ia tampak senang setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan disapa oleh Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, Paimin minta agar pemerintah mempriorotaskan vaksinasi Covid-19 untuk pelaku usaha jasa wisata di level bawah, seperti pengayuh becak, pedagang kaki lima, pemandu wisata, dan lainnya.

Dengan begitu, mereka dapat beraktivitas seperti biasa dan dapat menawarkan jasa atau dagangan kepada wisatawan tanpa rasa waswas.

  • Bagikan