GROBOGAN.NEWS Umum Netizen

Rilis Lagu dan Video Klip Raja Terakhir, Young Lex Malah Tuai Hujatan Netizen. Dituding Jiplak Video Klip Penyanyi K-Pop Lay Zhang

Video klip Raja Terakhir dari Young Lex. Foto: YouTube/Young Lex

GROBOGAN.NEWS Penyanyi rap Tanah Air, Samuel Alexander Pieter, atau yang lebih dikenal dengan Young Lex, menuai hujatan netizen setelah merilis single dan video klip terbarunya yang berjudul ‘Raja Terakhir’.

Video klip tersebut rilis di kanal YouTube milik Young Lex pada Senin (8/3/2021) dan menjadi promo untuk game ponsel berjudul Three Kingdom: Hero Legendaris.

Usut punya usut, ternyata hujatan itu datang karena lagu dan konsep video klip milik pria berusia 28 tahun itu dituding telah menjiplak lagu dan konsep dari video klip milik penyanyi K-Pop, Lay, yang berjudul ‘Lit’.

Netizen bahkan membandingkan sejumlah adegan dalam video klip Raja Terakhir dengan video musik Lit. Terlihat ada beberapa potongan adegan yang memang menunjukkan kemiripan.

Salah satunya adalah adegan munculnya seekor naga dari belakang bangunan istana. Juga adegan saat naga tersebut berhadapan dengan sosok raja dan adegan seorang pria menari dengan latar belakang menyala-nyala.

video young lex plagiat lay
Perbandingan adegan dalam video klip Raja Terakhir milik Young Lex dengan MV Lit milik Lay. Foto: Kolase YouTube

Namun ada pula yang membedakan, salah satunya yakni dalam video klip Raja Terakhir, ditampilkan sejumlah cosplayer yang mengenakan beraneka kostum unik.

Sehari setelah dirilis, video klip Raja Terakhir telah ditonton sebanyak lebih dari 400 ribu kali dan mendapat lebih dari 40 ribu komentar. Video klip tersebut juga telah menempati posisi 13 di trending YouTube Indonesia.

Namun video klip tersebut juga mendapat 20.000 tidak suka, lebih banyak dari orang yang memencet tombol suka yang hanya 14.000.

Hujatan pun datang dari netizen yang ditujukan ke akun Instagram milik Young Lex. Banyak yang menyesalkan aksi plagiat yang dilakukan penyanyi berdarah Batak Ambon tersebut.

“Keren banget bang pagliatnya,” komen salah seorang netizen di kolom komentar akun Instagram Young Lex.

“Terinspirasinya sampai plek banget. Kok bisa gitu ya,” tulis netizen lainnya.

Beberapa fans Lay juga telah melaporkan dugaan plagiarisme itu kepada sang artis dan juga pihak agensinya, SM Entertainment.

Sekadar informasi, Lay Zhang, atau yang bernama asli Zhang Yixing, merupakan penyanyi dan rapper asal Tiongkok yang bergabung dengan grup musik Korea Selatan, EXO. Ia debut di bawah naungan agensi SM Enterntainment pada tahun 2012.

Sementara lagu ‘Lit’ yang dibawakan oleh Lay telah dirilis pada 1 Juni 2020 lalu dan video klipnya telah ditonton sebanyak 17 juta kali.