GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Menkes Tegaskan  Vaksin Gotong Royong Gratis untuk Karyawan dan Keluarganya

Ilustrasi Vaksin Covid-19

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Para karyawan dan keluarganya dijamin tak harus membayar untuk biaya vaksin Gotong Royong yang bakal digulirkan oleh pemerintah.

Hal itu ditegaskan sendiri oleh Menteri Kesehatan,  Budi Gunadi Sadikin. Menurut Menkes, seluruh biaya untuk vaksi gotong royong sepenuhnya akan ditanggung oleh perusahaan.

“Yang penting prinsipnya harus gratis diberikan. Yang namanya vaksin gotong royong sumbernya adalah perusahaan, mereka mencarikan vaksin, dan harus gratis untuk seluruh karyawan dan keluarganya,” ukata Menkes Budi Gunadi dalam acara vaksinasi tahap II bagi pekerja di sektor wisata dan pengemudi ojek online di Bali yang ditayangkan secara virtual pada Minggu, (28/2/2021).

Baca Juga :  Patuhi PPKM Mikro, Masjid Istiqlal Tak Gelar Buka Puasa Bersama

Vaksin gotong royong diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Budi Gunadi memaparkan merek vaksin yang akan digunakan untuk vaksin gotong royong berbeda dengan vaksin program pemerintah agar tak mengganggu jalur distribusi vaksinasi nasional.
Saat ini, pemerintah telah mendatangkan vaksin Sinovac dan menyusul ada tiga merek lainnya yang tengah dikembangkan. Ketiganya adalah AstraZeneca, Pfizer, dan Novavac.

Baca Juga :  Larangan Mudik Tetap Jadi Pukulan Bagi Pelaku Usaha  Wisata, Kebijakan Membolehkan Wisata Lebaran Tak Banyak Berpengaruh

“Mereknya tidak boleh sama supaya tidak terjadi saingan rebutan suplai. Jadi dipastikan suplainya adalah tambahan dari sumber-sumbr produsen vaksin di seluruh dunia di luar empat yang pemerintah sudah dapat,” tutur Budi Gunadi.

Budi Gunadi meyakini vaksin gotong royong akan mempercepat proses vaksinasi. Dengan begitu, target penyelesaian vaksinasi untuk 181,5 juta penduduk yang semula ditetapkan 15 bulan dapat diperpendek menjadi 12 bulan.

Baca Juga :  Paling Lambat Awal Ramadan, Skema Soal Pemberian THR Bakal Terbit

PT Bio Farma (Persero) sebelumnya telah ditunjuk sebagai importir dan distributor untuk vaksin gotong royong. Perseroan diberi izin mendistribusikan vaksin Covid-19 program swasta.

Perusahaan telah menjajaki pembicaraan dengan produsen vaksin asal Cina, yakni Sinopharm. Pengadaan vaksin Sinopharm nantinya akan dilakukan PT Kimia Farma selaku anak usaha holding farmasi BUMN. Selain Sinopharm, Bio Farama menggelar diskusi dengan vaksin dari Amerika Serikat, yakni Moderna. Daniel

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/03/menkes-budi-gunadi-pastikan-vaksin-gotong-royong-gratis-untuk-karyawan-dan-keluarganya/