GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Lulus SNMPTN Belum Menjamin Peserta Diterima PTN, Perhatikan Hal Ini Agar Kursi di Kampus Impian Tak Hilang

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada Senin (22/3/2021) sore.

Pengumuman hasil SNMPTN 2021 itu bisa dilihat di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yakni https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id.

Sebanyak 110.459 siswa dinyatakan telah lulus seleksi jalur penerimaan mahasiswa baru yang berbasis nilai rapor dan prestasi akademis tersebut.

Para siswa yang lulus SNMPTN 2021 tersebut, meliputi 80.555 peserta seleksi reguler dan 29.904 pelamar Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah.

Baca Juga :  Kasus Obat Invermectin, ICW Endus Adanya Indikasi Keruk Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19

Kendati demikian, dinyatakan lulus SNMPTN 2021 belum menjamin peserta menjadi mahasiswa di kampus idaman.

Disampaikan Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih, peserta yang lulus SNMPTN 2021 masih harus melakukan registrasi atau pendaftaran ulang di masing-masing kampus penerima.

“Untuk itu perlu diperhatikan jadwal dan syarat-syaratnya,” kata Nasih saat menyampaikan keterangan pers lewat telekonferensi di Jakarta, seperti dikutip Tempo.co, Senin (22/3/2021).

Nasih mengingatkan, peserta yang lulus SNMPTN 2021 untuk mengecek jadwal registrasi ulang di perguruan tinggi negeri (PTN) penerima dan memenuhi persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Baca Juga :  Bersama Perpanjangan PPKM Level 4, Pemerintah Bakal Menambah Bantuan Sosial

Informasi mengenai pendaftaran ulang dan persyaratan penerimaan mahasiswa bisa dicek di laman resmi perguruan tinggi masing-masing.

“Sementara peserta Program KIP Kuliah, setelah lulus SNMPTN harus melalui proses verifikasi data akademik dan data ekonomi,” tambahnya.

SNMPTN 2021 mencakup penerimaan mahasiswa baru di 126 perguruan tinggi dan politeknik negeri, serta 11 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di Indonesia.

Jumlah pendaftar SNMPTN 2021 tercatat sebanyak 595.093 siswa yang berasal dari 17.436 sekolah yang telah melakukan finalisasi di seluruh Indonesia, termasuk sekolah di luar negeri.

Baca Juga :  Rencana Luhut Produksi Laptop Merah Putih Dikritik Susi Pudjiastuti. Mendingan Uangnya untuk BLT Rakyat

Selain SNMPTN 2021, seleksi calon mahasiswa lainnya yang digelar LTMPT selanjutnya adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK-SBMPTN 2021.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 telah dibuka sejak 15 Maret lalu hingga 1 April mendatang. Sementara pelaksanaannya dibagi menjadi dua gelombang, yakni pada 12-18 April 2021 untuk UTBK gelombang pertama dan 26 April-2 Mei 2021 untuk gelombang kedua.

www.tempo.co