GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Kilang Minyak Balongan Terbakar, Pertamina Butuh Setidaknya 5 hari untuk Pemulihan

Penampakan kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dinihari / Foto: tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – PT Pertamina masih terus berjibaku untuk memadamkan kebakaran yangn terjadi di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Sebagaimana diketahui, tangki penyimpanan produk BBM kilang Balongan terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menjelaskan, untuk bisa melakukan pemadaman hingga pernomalan kembali operasional Kilang Balongan butuh empat sampai lima hari.

Ia menjelaskan saat ini posisinya masih ada kobaran api meski sudah dilokalisir agar tidak merembet ke fasilitas migas lainnya.

Namun untuk memastikan semua fasilitas aman saat ini Pertamina menghentikan operasional kilang balongan.

“Kilangnya enggak ada masalah. Ini normal shutdown. Begitu kebakaran selesai, kilang langsung bisa operasi lagi. Sambil menunggu pemadaman, kayaknya empat sampai lima hari,” ujar Mulyono dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Mulyono menjelaskan, dengan berhentinya operasional kilang balongan untuk sementara waktu maka Pertamina kehilangan produksi BBM sebesar 400 ribu barel per hari. Namun ia memastikan bahwa kebutuhan BBM bagi masyarakat tidak akan terganggu.

Untuk sementara waktu pasokan BBM yang semula dari kilang Balongan akan dialihkan pasokannya dari Kilang Cilacap dan Kilang TPPI. Mulyono menjelaskan stok yang ada di beberapa TBBM di sepurat Jakarta dan Jawa Barat masih mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Stok nasional BBM. Kami sampaikan kondisi stok nasional sangat snagat aman. Jadi masyarakat gak perlu panik. Stoknya tuh berlebih. Itu akan disupply dari kilang cilacap,” ujar Mulyono. Daniel

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/03/pertamina-setidaknya-butuh-5-hari-untuk-pulihkan-kilang-minyak-balongan/