GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Hasil SNMPTN 2021 Diumumkan Sore Ini, Berikut Langkah yang Harus Dilakukan Jika Lulus dan Tidak Lulus

GROBOGAN.NEWS Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 bakal diumumkan pada Senin (22/3/2021) sore hari ini, mulai pukul 15.00 WIB. Calon mahasiswa tepat mengakses hasil SNMPTN 2021 di laman situs https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id.

Selain di alamat situs tersebut, hasil SNMPTN juga bisa disimak di sejumlah alamat situs beberapa perguruan tinggi negeri. Hal tersebut guna mencegah terjadinya eror pada laman situs SNMPTN karena banyaknya peserta yang mengakses secara bersamaan.

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang disediakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Disebutkan bahwa total peserta SNMPTN 2021 ini mencapai 507.965 siswa.

Peserta yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun PTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS.

Baca Juga :  Patuhi PPKM Mikro, Masjid Istiqlal Tak Gelar Buka Puasa Bersama

Peserta Lulus

Lalu apa yang harus dilakukan setelah dinyatakan lulus SNMPTN 2021?

Usai dinyatakan lulus SNMPTN 2021, makan selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi ulang di PTN penerima. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen atau berkas yang dibutuhkan.

Meski lulus SNMPTN, peserta belum resmi menjadi mahasiswa di perguruan tinggi penerima apabila belum menyelesaikan proses registrasi ulang tersebut.

Langkah registrasi ulang untuk masing-masing perguruan tinggi biasanya akan berbeda, termasuk untuk jangka waktu pendaftaran ulang tersebut. Maka dari itu perlu diperhatikan persyaratan dan langkah yang dibutuhkan di masing-masing perguruan tinggi.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Kamis 8 April 2021: Cancer Tetap Tak Terkalahkan, Scorpio Penuh Ambisi

Periksa persyaratan registrasi ulang di laman situs resmi perguruan tinggi yang menerima masing-masing peserta.

Biasanya, peserta yang telah lulus SNMPTN akan diminta melengkapi sejumlah berkas seperti Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021, Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL), rapor asli, dan portofolio asli.

Pendaftaran ulang juga dapat berbeda untuk masing-masing PTN yang mungkin harus datang langsung ke lokasi daftar ulang atau bisa secara online.

Peserta Tidak Lulus

Lantas bagaimana dengan peserta yang tidak lulus SNMPTN 2021?

Tidak perlu berkecil hati maupun patah semangat, karena peluang untuk dapat berkuliah di kampus idaman masih terbuka melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Rabu 7 April 2021: Taurus Banyak Pengeluaran, Hubungan Cancer sedang Bermasalah

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 telah dibuka sejak 15 Maret lalu hingga 1 April mendatang. Sementara pelaksanaannya dibagi menjadi dua gelombang, yakni pada 12-18 April 2021 untuk UTBK gelombang pertama dan 26 April-2 Mei 2021 untuk gelombang kedua.

Namun disarankan untuk mendaftar SBMPTN setelah pengumuman SNMPTN 2021. Hal itu demi mencegah kehilangan biaya pendaftaran SBMPTN karena apabila peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran SBMPTN sebelum pengumuman dan ternyata lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Informasi terkait UTBK-SBMPTN secara lebih lengkap dapat disimak melalui laman resmi LTMPT. Di sana akan dijelaskan mengenai tahapan mendaftar hingga besaran biaya pendaftaran.