GROBOGAN.NEWS Solo

Berlangsung Menegangkan, Operasi Tangkap Tawon di Asrama TNI Brigif Mekanis 61 Raider 6 Mojolaban

Tim Damkar tengah mengevakuasi sarang tawon / Foto: Beni Indra
1903 tawon a
Tim Damkar tengah mengevakuasi sarang tawon / Foto: Beni Indra

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS  – Lantaran membuat penghuninya khawatir mendapat serangan dari ribuan tawon vespa affinis, tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Karanganyar pun akhirnya turun tangan.

Aksi yang disebut dengan OTT atau Operasi Tangkap Tawon tersebut  berlangsung di mess anggota TNI, kompleks Brigif Mekanis Raider 6 Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Kamis (18/3/2021) malam.

Ceritanya, penghuni mess tersebut merasa resah dengan keberadaan sarang tawon ganas jenis vespa affinis, atau yang kerap disebut dengan tawon kepala.

Sejumlah prajurit yang menghuni mess itupun merasa khawatir tersengat, sehingga terpaksa mengerahkan tim Damkar Satpol PP dari Karanganyar.

Baca Juga :  Bupati Sragen Ajak 100 Lebih PNS yang Pernah Terpapar Covid-19 untuk Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS menyebutkan berawal dari laporan adanya laporan dari Pratu Yudha yang melihat sarang tawon berada di plafon tempat tinggalnya mess TNI.

Laporan tersebut meminta tim Damkar Satpol PP Karanganyar melakukan Operasi Tangkap Tawon atau OTT di lokasi tersebut.

Sejurus kemudian satu unit tim Damkar Satpol PP Pemkab Karanganyar meluncur dengan membawa peralatan lengkap termasuk pakaian pelindung diri.

Mengingat situasi gelap menyulitkan petugas sehingga harus ekstra hati-hati karena tawon sensitif dan jika  sarangnya terganggu maka segerombolan tawon akan berani menyerang manusia.

Baca Juga :  Polisi dan Satgas Covid-19 Sambungmacan Sragen Bubarkan Hajatan, Karena Berlangsung Terlalu Lama

Tak mau risiko, petugas pun secara cermat, petugas damkar berupaya memetik sarang tawon dengan kayu panjang agar sarang tidak terjatuh secara langsung.

Baca Juga :  Berapa Jumlah Kasus Aktif COVID-19 di Sukoharjo Saat ini, Terus Bagaimana Sebarannya di Masing-masing Kecamatan? Berikut ini Jawaban Lengkapnya

Setelah melalui adegan dramatis akhirnya sarang tawon secara perlahan bisa diturunkan tanpa ada goyangan.

Baca Juga :  Remaja Tewas Seketika Saat Motornya Menggasak Becak Kayuh di Jalan Tanon-Sragen

Selanjutnya sarang tawon dibakar agar mati, setelah dipastikan mati puing dibersihkan dan disemprot air.

Kabid Linmas dan Damkar Pemkab Karanganyar Budi Cahyono mengatakan proses tersebut memakan waktu satu jam karena harus dilakukan dengan ekstra hati-hati.

“Iya tadi tim Damkar melakukan OTT di Asrama TNI Brigif 6 dan berlangsung lancar,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.

Budi Cahyono menghimbau jika ada sarang tawon yang membahayakan tim Damkar Satpol PP Karanganyar siap membantu jika diminta masyarakat.   Beni Indra

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/03/menegangkan-ott-di-asrama-tni-brigif-mekanis-6l-raider-6-mojolaban-ini-akhirnya-kelar/