GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

2 Kasus Virus Corona Varian B117 di Indonesia Ternyata Pekerja Migran Asal Karawang yang Pulang dari Arab Saudi. Terjangkit Akhir Januari 2021, Sekarang Sudah Sembuh

Ilustrasi penyebaran covid-19.pixabay

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan sudah ada dua kasus Covid-19 di Indonesia yang berasal dari virus corona varian baru asal Inggris, B117.

Keduanya kasus tersebut diketahui terjadi di Karawang, Jawa Barat, dan berasal dari pekerja migran Indonesia yang pulang dari Arab Saudi pada akhir Januari 2021 lalu.

“Pertama adalah M (41) asal Kecamatan Lemahabang dan kedua adalah A, asal Kecamatan Pedes. Keduanya merupakan pekerja migran Indonesia yang pulang dari Arab Saudi,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, seperti dikutip Tribunnews dari TribunJabar.id, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga :  Truk Tronton Gasak Truk dan Evalia di Purworejo, 1 Tewas dan Puluhan Luka-luka

Fitra menambahkan, A pulang dari Arab Saudi pada 28 Januari 2021 lalu, sementara M kembali ke Tanah Air pada 31 Januari 2021. Saat tiba di Indonesia, keduanya dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di Pademangan.

Namun, tegas Fitra, keduanya saat ini sudah dinyatakan negatif dan telah diperbolehkan pulang ke Karawang.

“Kemudian Kemenkes mengambil sampel untuk dilakukan whole genome sequencing-nya dan hasilnya baru kemarin keluar dan ternyata merupakan virus varian B117 asal Inggris,” jelas Fitra sembari menambahkan bahwa virus corona B117 tersebut telah mati.

Baca Juga :  Paling Lambat Awal Ramadan, Skema Soal Pemberian THR Bakal Terbit

Sebelumnya diberitakan, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan telah ada temuan dua kasus positif Covid-19 yang disebabkan varian baru virus corona hasil mutasi asal Inggris yang disebut B117.

“Tadi malam saya mendapat informasi, bahwa tepat satu tahun (kasus pertama Covid-19 ada di Indonesia) hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante dalam acara Kementerian Riset dan Teknologi, yang disiarkan secara daring via YouTube, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga :  Polri Akhirnya Tetapkan 2 Tersangka Kasus Unlawfull Killing Laskar FPI

Awalnya, pemerintah telah mengecek dari 462 kasus di seluruh Indonesia yang berpotensi merupakan kasus mutasi virus Covid, dalam beberapa bulan terakhir. Hasilnya, ditemukan dua kasus.

Mutasi dari Virus SARS-CoV-2 ini awalnya ditemukan di New South Wales. Belakangan, mutasi serupa ditemukan di beberapa negara Eropa lain dan di Australia.

www.tribunnews.com