GROBOGAN.NEWS Umum Netizen

Viral Video Penampakan Sosok Mirip Pocong Dikejar Anjing di Sulawesi Selatan, Pakar Telematika Roy Suryo Sebut Bohongan

Tangkapan layar video penampakan sosok mirip pocong yang viral di media sosial. Foto: Instagram

JENEPONTO, GROBOGAN.NEWS Sebuah video viral memperlihatkan penampakan sosok mirip pocong terekam kamera CCTV di Kampung Balangberu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Dalam video itu, terlihat sosok mirip makhluk halus itu tengah dikejar seekor anjing. Video tersebut diunggah sejumlah akun di Instagram dan menjadi viral.

Menurut keterangan yang tertulis dalam unggahan di akun Instagram @ndorobeii, video penampakan tersebut diketahui pertama kali oleh warga setelah mendengar suara anjing menggonggong pada malam hari.

Salah seorang warga, Haji Karim, menceritakan istrinya melihat CCTV untuk mengecek kucing peliharaannya setelah ia mendengar ada anjing menggonggong di luar rumah.

Saat mengecek CCTV itulah, istrinya melihat sosok yang melompat-lompat di luar pekarangan rumahnya. Dalam video terlihat sosok berwarna putih yang melompat dari sisi kanan menuju ke kiri layar.

“Istriku yang pertama lihatki di CCTV. Awalnya begini, jadi mau na cek kucingnya melalui CCTV, tapi yang dia lihat hanya pocong diikuti anjing meraung,” ujar Haji Karim.

Disebutkan bahwa penampakan tersebut terjadi pada Selasa (9/2/2021) dini hari, sekira pukul 02.30 WITA.

Sementara itu, menurut pakar telematika, Roy Suryo, menilai bahwa sosok makhluk yang terekam dalam video yang viral itu bukanlah makhluk halus.

“Itu pocong-pocongan, mungkin manusia yang beritikad tidak baik mau seolah-olah menjadi pocong,” kata Roy Suryo seperti dikutip Republika.co.id.

Menurutnya, sosok makhluk harus tidak semestina dapat terlihat dan tertangkap kamera.

“Makanya tayangan โ€˜Ghost Hunterโ€™, โ€˜the Other Worldโ€™, dan lain-lain menampilkan efek akibat dari bayang tersebut. Bukan bentuk aslinya. Kalau ada yang terekam, berarti itu film horor atau hiburan,” ujar dia.

www.republika.co.id