GROBOGAN.NEWS Umum Netizen

Viral, Kotak Amal Berbentuk Keranda Jenazah Mini di Masjid. Jadi Pengingat akan Kematian dan Bikin Pengen Banyak Sedekah

Tangkapan layar video TikTok viral yang memperlihatkan kotak amal berbentuk keranda di masjid. Foto: TikTok/lagi.dijalan

GROBOGAN.NEWS Saat salat berjamaah di masjid, biasanya akan ada kotak amal yang diedarkan di antara para jemaah dan bagi jemaah yang bersedia dapat memasukkan uang seikhlasnya.

Biasanya kotak amal tersebut berbentuk kotak biasa berbahan kayu atau seng, atau kadang bisa juga dari kaleng bekas.

Tapi sebuah video yang diunggah di TikTok memperlihatkan bentuk kotak amal yang tidak biasa, yakni berbentuk keranda jenazah.

Video yang menarik perhatian netizen itu diunggah pemilik akun TikTok @lagi.dijalan, pada Sabtu (30/1/2021) lalu dan telah ditonton hingga lebih dari 2 juta kali.

Dalam video tersebut ditampilkan suasana di dalam sebuah masjid yang sepertinya adalah saat ibadah salat Jumat. Tampak beberapa jemaah yang tengah duduk beralaskan karpet masjid warna merah.

Kemudian terlihat seorang anak yang mendorong sebuah benda mirip keranda jenazah mini yang ternyata adalah kotak amal di masjid tersebut. Anak itu menggeser kotak amal unik itu ke arah jemaah di sebelahnya yang berjarak agar jauh.

Kotak amal keranda itu tampak memiliki roda kecil di bagian bawah yang memudahkan untuk mendorongnya. Sementara bentuk bagian atasnya berwarna hijau seperti penutup keranda lengkap dengan tulisan Arab di bagian sisinya.

Dijelaskan pengunggah video, peristiwa itu ia rekam di sebuah masjid di Subang sebelum masa pandemi Covid-19.

Video itu pun menarik perhatian netizen untuk berkomentar. Banyak di antaranya yang menyebut kotak amal berbentuk unik itu seperti mengingatkan jemaah akan kematian. Ada pula yang mengaku langsung tergerak untuk bersedekah, seandainya ia melihat kotak amal tersebut.

“Jadi teringat kalau hidup di dunia tidak abadi dan hanya amal jariyah yang akan dibawa mati,” tulis salah seorang netizen.

“Jadi pengen banyak bersedekah. Semoga diberi rezeki yang banyak biar bisa terus bersedekah. Amin,” komentar netizen lainnya.

@lagi.dijalan

😭 #fyp #fypγ‚· #LetsGEARupDance #SantaiTapiBerisi #diataktampantakjugarupawan #LompatSetinggiBintang #funnyvideos #kocak #lucu

♬ original sound – π‘΄π’π’‰π’‚π’Žπ’Žπ’‚π’…π’“π’Šπ’›π’›π’Œπ’šπ’š – π‘΄π’π’‰π’‚π’Žπ’Žπ’‚π’…π’“π’Šπ’›π’›π’Œπ’šπ’š