GROBOGAN.NEWS Umum Netizen

Video Viral di TikTok Tampilkan Uang Kertas Rupiah Redenominasi Pecahan Rp100 Bergambar Jokowi, Netizen: Setuju Tapi Fotonya Soekarno Aja

Tangkapan layar video viral yang memperlihatkan uang rupiah redenominasi pecahan Rp100 di TikTok. Bank Indonesia menegaskan gambar uang tersebut hoaks. Foto: TikTok/aku.ijot

GROBOGAN.NEWS Sebuah video viral di TikTok memperlihatkan selembar uang rupiah redenominasi pecahan Rp100 yang bergambar wajah Presiden Joko Widodo.

Video yang diunggah melalui akun TikTok @aku.ijot pada Minggu (7/2/2021) itu menjadi viral lantaran memperlihatkan selembar uang rupiah redenominasi dengan pecahan Rp100 yang bergambar wajah Presiden Joko Widodo.

Dalam video tersebut, tampak seseorang yang menunjukkan detail desain pecahan uang redenominasi itu, mulai dari tulisan Bank Indonesia di bagian atas, angka 100 di dua sudutnya, tulisan ‘Seratus Rupiah’ di dua sudut lainnya, serta gambar di kedua sisinya.

Pada salah satu sisi diperlihatkan gambar wajah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sementara di sisi sebaliknya terdapat gambar Istana Kepresidenan. Detail desain juga dipenuhi dengan motif khas Indonesia, seperti batik.

“Katanya Indonesia mau redenominasi. Jadi mata uangnya mau dikecilin nominalnya. Kayak dollar gitu,” tulis pengunggah video di dalam video buatannya.

“Rp1000 jadi Rp1, Rp50.000 jadi Rp50, Rp100.000 jadi Rp100. Gimana? Pada setuju?” lanjut tulisan dalam video.

Video itu pun telah ditonton lebih dari 8 juta kali di TikTok dan mendapat lebih dari 30 ribu komentar netizen. Video tersebut juga telah beredar di media sosial lain, termasuk Instagram.

@aku.ijot

Redenomisasi

♬ Bahasa Kalbu – T r i k🧕🏼

Netizen pun banyak yang mengaku setuju dengan wacana redenominasi namun tidak setuju dengan desain gambar pada uang di dalam video.

“Setuju, biar gak capek ngitung duitnya,” tulis salah seorang netizen di kolom komentar.

“Setuju, tapi plis fotonya Pak Soekarno aja,” komentar netizen lainnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang tengah mewacanakan untuk menyederhanakan nominal uang rupiah atau disebut dengan redenominasi.

Melalui redenominasi, tiga angka nol terakhir akan dihilangkan, namun nilainya tidak berubah. Jadi pecahan uang Rp100.000 saat ini setelah diredenominasi akan menjadi pecahan Rp100, tetapi nilainya tetap sama.

Terkait video tersebut, pihak Bank Indonesia memastikan bahwa desain uang tersebut adalah hoaks dan hanya keisengan netizen.