GROBOGAN.NEWS Umum Netizen

Video TikTok Viral, Pemuda Ini Mengaku Temukan Emas Batangan di Rumah Nenek. Ada Logo VOC dan Beratnya sampai 435 Gram

Tangkapan layar video TikTok viral temuan emas batangan di rumah nenek. Foto: TikTok/hahahaimhere

GROBOGAN.NEWS Seorang pengguna TikTok mengunggah videonya yang mengaku menemukan sebongkah emas batangan seberat hampir 0,5 kilogram.

Video itu diunggah oleh pemilik akun @hahahaimhere pada Senin (1/2/2021) lalu dan kini menjadi viral setelah ditonton lebih dari 9 juta kali, disukai lebih dari 1 juta orang, dan mendapat 39 ribu komentar netizen.

Dalam video berdurasi 17 detik itu diperlihatkan benda yang disebutnya adalah sebongkah emas batangan dari zaman kolonial. Pemilik akun mengaku menemukan emas batangan itu di rumah neneknya.

Video itu pun memperlihatkan detail dari emas batangan itu dari semua sisi. Terlihat adanya sejumlah angka dan juga simbol.

Baca Juga :  Viral Video Penampakan Sosok Mirip Pocong Dikejar Anjing di Sulawesi Selatan, Pakar Telematika Roy Suryo Sebut Bohongan

Di salah satu sisi bagian samping terdapat cap bertuliskan ‘GOLD’ yang berarti ‘emas’, kemudian pada sisi lainnya terdapat angka ‘1718’ dan angka ‘999,9’.

Uniknya lagi, pada salah satu sisi yang lebar juga samar-samar terlihat sebuah logo yang jika diperhatikan mirip dengan logo ‘VOC’, yakni sebuah kongsi dagang Hindia Timur Belanda yang didirikan pada tahun 1602. Seperti diketahui, VOC bersama Belanda sempat menjajah Indonesia selama lebih dari 3 abad.

Pengunggah video pun bertanya-tanya apakah benda itu benar merupakan emas batangan dari zaman kolonial Belanda.

“Gue nemu ini di rumah nenek. Apakah gue auto kaya? Atau malah jadi diburu kolektor atau negara? Ada angka 1718 sama 999,9 juga,” tulis pembuat video.

Baca Juga :  Viral Video Penampakan Sosok Mirip Pocong Dikejar Anjing di Sulawesi Selatan, Pakar Telematika Roy Suryo Sebut Bohongan

Pemilik akun mengaku selama ini benda tersebut hanya menjadi pengganjal pintu dan setelah dicoba ditimbang beratnya mencapai 435 gram atau hampir 0,5 kilogram.

“Gue timbang beratnya 435 gram hampir 0,5 kg. Katanya dulu ganjel pintu,” tulis pemilik akun.

Apabila benda tersebut benar adalah emas batangan murni, maka penemunya sudah tentu akan kaya mendadak mengingat saat ini harga 1 gram emas mencapai sekitar Rp950.000, sehingga jika ditotal, emas batangan tersebut bisa bernilai hingga lebih dari Rp400 juta.

Baca Juga :  Viral Video Penampakan Sosok Mirip Pocong Dikejar Anjing di Sulawesi Selatan, Pakar Telematika Roy Suryo Sebut Bohongan

Mengetahui ada temuan benda diduga emas batangan, netizen pun berkomentar. Ada yang mendadak mengaku sebagai keluarga yang terpisah, ada pula yang membujuk agar benda diduga emas itu diberikan kepada mereka.

“Bang, gue mau jujur, sebenarnya kita saudara kakak adik. Kita dulu kepisah karena ekonomi,” tulis salah seorang netizen di kolom komentar.

“Bang itu kayaknya palsu deh, bagaimana kalau ditititpkan ke saya dulu biar saya cek,” komentar netizen lainnya.

@hahahaimhere

gue timbang beratnya 435 gram hampir 1/2 KG. katanya dulu ganjel pintu anjir. 😂

♬ original sound – RIZQYEEAB🇮🇩 – DILLQYBOOY🦠