GROBOGAN.NEWS Semarang

Vaksinasi Tahap Kedua Dilaksanakan GOR Wujil dan Berjalan Lancar

Kepala Dinkes dr Ani Raharjo, di sela-sela mendampingi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Semarang Suko Mardiono meninjau pelaksanaan vaksinasi. Ist

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di Gedung Olahraga (GOR) Pandanaran, Wujil, Bergas, Rabu (24/2) siang.

Vaksinasi diikuti oleh ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di instansi pelayanan umum, seperti Dispendukcapil, BPBD, Dispermasdes, dan Diskominfo.

“Pelayanan vaksinasi kita laksanakan di luar fasilitas kesehatan karena alasan efektifitas. Namun kita tetap memenuhi persyaratan, sepeti penyediaan emergency room, dan mobil ambulans stand by,” terang Kepala Dinkes dr Ani Raharjo, di sela-sela mendampingi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Semarang Suko Mardiono meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga :  Harga Kebutuhan Pokok Dipastikan Stabil

Ditambahkannya, sedikitnya 40 orang petugas kesehatan, termasuk tenaga vaksinator dikerahkan untuk melayani vaksinasi ASN itu.

Mereka berasal dari RSUD Gondo Suwarno Ungaran, RSUD Gunawan Mangunkusomo, RS Ken Saras, dan Balkesmas Ambarawa.

Baca Juga :  Produk UMKM Harus Jadi Primadona di Bulan Ramadan

Dalam sehari, vaksinasi di tempat tersebut ditargetkan mencapai 800 orang ASN.

Ani menjelaskan, saat ini persediaan vaksin Covid-19 sebanyak 11 ribu dosis.

Jumlah itu cukup untuk vaksinasi 5.500 orang karena masing-masing membutuhkan dua dosis vaksin.

Selain ASN, vaksinasi Covid-19 tahap II juga menyasar tokoh agama, tokoh masyarakat, pedagang pasar dan wartawan. Selain itu ada 400 orang tenaga kesehatan (nakes) yang belum menjalani vaksinasi tahap pertama karena berbagai sebab, juga menjadi prioritas.

Baca Juga :  Harga Kebutuhan Pokok Dipastikan Stabil

Sementara itu, Plh Bupati Semarang Suko Mardiono mengatakan, penyediaan tempat khusus vaksinasi di luar faskes ini bertujuan untuk mempercepat proses vaksinasi kepada sasaran.

“Selain di 26 Puskesmas yang ada, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan di luar faskes, untuk mempercepat penyelesaiannya,” katanya.Ari B