GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Utang Luar Negeri  Indonesia Sudah Tembus  5.808 Triliun

Ilustrasi uang
uang reuters
Ilustrasi uang

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Utang liar negeri pemerintah Indonesia di selama tahun 2020 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam kaitan itu, Bank Indonesia melaporkan rasio utang luar negeri (ULN) Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir kuartal IV pada tahun 2020 mencapai 39,4 persen.

Angka tersebut naik ketimbang rasio pada kuartal sebelumnya sebesar 38,1 persen.

Baca Juga :  Forum Guru Muhammadiyah Tolak Pajak Pendidikan

Namun begitu, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menilai struktur utang tersebut tetap sehat karena penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

“Struktur ULN Indonesia yang tetap sehat juga tercermin dari besarnya pangsa ULN berjangka panjang yang mencapai 89,1 persen dari total ULN,” katanya dalam siaran pers, Senin ( 15/2/ 2021).

Lebih jauh Erwin menjelaskan, posisi  Indonesia pada akhir kurtal IV tahun 2020 sebesar US$ 417,5 miliar atau sekitar Rp 5.808 triliun (asumsi kurs Rp 13.912 per dolar AS).

Baca Juga :  Menkeu Sri Mulyani Tegaskan Pajak Sembako Tak Akan Diterapkan di Pasar Tradisional

Utang tersebut terdiri atas ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar US$ 209,2 miliar dan ULN sektor swasta, termasuk BUMN, sebesar US$ 208,3 miliar.

Bank Indonesia mencatat ULN Indonesia pada akhir kuartal IV tahun 2020 naik 3,5 persen secara tahunan. Sementara bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, utang tersebut turun 3,9 persen.

Baca Juga :  Polri Tangkap 3.823 Preman dan Pelaku Pungli di Indonesia

Perlambatan ULN di kuartal terakhir ketimbang kuartal sebelumnya karena ada penurunan ULN swasta.

Pada kuartal keempat tahun lalu, ULN swasta meningkat 3,8 persen secara tahunan, lebih
rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal sebelumnya sebesar 6,2 persen. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/02/wow-utang-indonesia-di-luar-negeri-sudah-tembus-5-808-trilyun/