GROBOGAN.NEWS Solo

Selain Cukur Gundul Setelah Portal Jalan Dibuka, Ratusan Warga Siboto Kalijambe Sragen Gelar Syukuran

Tasyakuran warga Kampung Siboto, Kalimacan, Kalijambe dengan acara tumpengan sebagai ungkapan syukur atas dibukanya portal Siboto, Sabtu (20/2/2021) / Foto: Wardoyo

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Pembukaan portal penutup perlintasan jalan menuju desa Desa Kalimacan, Kecamatan Kalijambe Sragen di Kampung Siboto rupanya menjadi hal yang sungguh istimewa.

Bagaimana tidak, karena selain sebagian warga cukur gundul sebagai wujud syukur, ratusan warga dari berbagai RT di kampung itu menggelar syukuran sederhana, Sabtu (20/2/2021) malam.

Tak kurang dari 300 warga dari Dukuh Siboto dan perwakilan 6 RT, hadir dalam tasyakuran yang dipusatkan di jalan kampung itu tadi malam.

Turut hadir pula Camat Kalijambe, Rusmanto dan segenap jajaran Pemdes dan perangkat desa Kalimacan.

Baca Juga :  10.000 Guru di Sragen Antre Menunggu Disuntik Vaksin Covid-19, Dinas Berharap Kondisi Segera Normal

Salah satu tokoh Siboto, Zain, menuturkan tasyakuran digelar dari pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB. Ada empat tumpeng besar yang dibuat dari dana urunan warga.

“Kemarin warga berinisiatif menghalang donasi untuk membuat tasyakuran ini. Tujuannya sebagai ungkapan syukur atas dibukanya kembali portal Siboto yang menjadi akses utama warga setelah dua bulan lebih ditutup. Kita juga berdoa semoga ke depan semua lebih baik,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (21/2/2021).

Baca Juga :  Gibran Buktikan Pernyataannya untuk Langsung Bekerja, Tinjau Kesiapan Vaksinasi dan PLTSa Solo  

Zain menuturkan setelah dibuka, warga pun siap untuk konsisten memegang komitmen menjaga pintu perlintasan selama 24 jam. Warga juga sudah menyiapkan petugas yang akan berjaga pershift dengan upah dari urunan semua warga.

“Ini bentuk tanggungjawab semua warga untuk menjaga palang perlintasan demi keselamatan bersama. Kami juga selaku berkoordinasi dengan PT KAI,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, juga diputar video perjalanan Portal Siboto mulai dari penutupan paksa oleh PT KAI hingga perjuangan warga menuntut pembukaan yang berakhir dengan dibukanya portal itu Kamis (18/2/2021).

Baca Juga :  12 Penjudi di Warung Remang-remang Sragen Ini Kalang Kabut Saat Digerebek Polisi

Momen-momen perjuangan yang diabadikan dalam video itu sempat membuat trenyuh sebagian warga yang menyaksikan.

Sementara dalam sambutannya, Camat Rusmanto berpesan kepada warga untuk senantiasa memegang komitmen melakukan penjagaan dan pengamanan pintu perlintasan selama 24 jam.

Ia juga meminta warga senantiasa berhati-hati dan waspada apabila menyeberang di perlintasan tersebut agar insiden yang pernah terjadi tidak lagi terulang. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/02/portal-dibuka-ratusan-warga-siboto-kalijambe-kembali-berkumpul-gelar-tumpengan-dari-dana-urunan-video-momen-momen-perjuangan-menuntut-pembukaan-portal-bikin-warga-terharu/