GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Sebelum Lebaran, Pemerintah Pastikan Buka 6.000 Lapangan Kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) periode 2020-2024, Sandiaga Uno berpose usai serah terima jabatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020. Sandiaga menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2020-2024. TEMPO/Hilman Fathurrahman W

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Sebelum lebaran 1442 H, pemerintah manargetkan bakal membuka setidaknya 4.000 hingga 6.000 lapangan kerja di sektor wisata dan industri kreatif.

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dia mengatakan, ancangan itu dipastikan bakal digeber melalui program padat karya.

“Pagi tadi kami melakukan rapat kordinasi di bawah Kementerian Kordinator Bidang Maritim dan Investasi untuk membahas program padat karya. Bagaimana kita bisa memastikan bahwa sebelum Lebaran, program-program ini bisa menyerap lapangan pekerjaan,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (15/2/2021).

Program padat karya merupakan salah satu skema yang dilakukan pemerintah untuk mengejar pemulihan ekonomi nasional atau PEN. Tiap-tiap kementerian memiliki program padat karya yang bertujuan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan daya beli serta menanggulangi kemiskinan.

Baca Juga :  PBNU dan Muhammadiyah Sama-sama Menolak Rencana Pemerintah Menerapakan Pajak Pendidikan

Sandiaga menjelaskan pemerintah terus mengejar pemulihan kegiatan ekonomi, termasuk di sektor pariwisata dan industri kreatif. Sebab di tengah kondisi pandemi yang berkepanjangan, masyarakat yang berada dalam kelompok ekonomi menengah ke bawah rentan terkena imbas krisis.

Selain terpuruk secara ekonomi, kelompok masyarakat ini mengalami kendala akibat kehilangan pekerjaan atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). “Istilahnya cash flow work, yaitu kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan penghasilan kepada masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah yang sekarang kehilangan pekerjaan, itu bisa dilakukan,” ujar Sandiaga.

Baca Juga :  Kasus Penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda Brompton, Eks Dirut Garuda Divonis 1 Tahun dan Denda Rp 300 Juta

Sangiaga menerangkan, Kementeriannya kini memiliki program padat karya bertajuk “Program Bersih Indah Sehat Aman” alias “Program Bisa”. Program ini, tutur mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, berkaitan dengan kegiatan untuk membersihkan, merawat, memastikan keindahan, dan menjaga aspek kesehatan di destinasi-destinasi wisata.

Program Bisa, Sandiaga melanjutkan, akan difokuskan di Bali. Sesuai dengan program PEN, pemerintah akan menyerap tenaga kerja hingga total 150 ribu di Pulau Dewata melalui pelbagai proyek.

Baca Juga :  ASN atau PNS? Ternyata Ini Bedanya

“Jadi ini yang kami akan fokuskan bagaimana 150 ribu ini yang mencakup revitalisasi jogging dan walking track di Pantai Sanur, serta pengelolaan sampah di Kabupaten Klungkung,” katanya.

Program padat karya di Bali juga akan menjangkau pembenahan lebih dari 170 desa wisata, mendorong pengelolaan sampah di Pantai Kuta, dan menyiapkan destinasi berbasis berkelanjutan seperti ekowisata. “Ini yang kita harapkan bisa kita eksekusi sebelum Lebaran, ini menjadi target kita ke depan,” ujar Sandiaga Uno. Daniel

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/02/pemerintah-janji-buka-6-000-lapangan-kerja-sebelum-lebaran-2021/