GROBOGAN.NEWS Blora

Penguatan Sektor Pariwisata Digencarkan, Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Luncurkan Kaos Khas Wisata Bukit Kunci

Bhabinkamtibmas Desa Bangowan, Jiken, Blora melakukan penguatan promosi Wisata Bukit Kunci.  Bripka Nyamat bersama Pengelola Wisata setempat meluncurkan (launching) kaos khas Bukit Kunci, Minggu, (14/2/2021). Ist

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Berbagai upaya terus dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken Polres Blora Bripka Nyamat Ari Widodo untuk mengembangkan wisata alam Bukit Kunci yang berada di wilayah binaannya.

Setelah mengembangkan tanaman hidroponik dan pencanangan cemara Kamtibmas beberapa waktu lalu, terkini Bhabinkamtibmas Wisata Bukit Kunci Bripka Nyamat bersama Pengelola Wisata setempat meluncurkan (launching) kaos khas Bukit Kunci, Minggu, (14/2/2021).

Kaos tersebut nantinya akan dijual dan dipasarkan kepada masyarakat terutama para pengunjung wisata alam Bukit Kunci.

Bripka Nyamat mengungkapkan bahwa launching kaos Bukit Kunci ini adalah salah satu cara promosi atau pemasaran wisata alam tersebut kepada masyarakat luar.

“Kaos Bukit Kunci ini nanti, akan menjadi salah satu cinderamata dan media untuk promosi. Dengan produksi kaos ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian penduduk,” kata dia.

Mernurutnya, hasil dari penjualan bisa menjadi keuntungan pengelola, yang merupakan warga asli desa setempat.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

“Selain itu jika laris penjualannya bisa menjadi tambahan modal untuk terus mengembangkan Wisata Bukit Kunci ini,” ungkap Bripka Nyamat.

Sementara ini untuk stok yang disiapkan di display lokasi wisata Bukit Kunci masih terbatas, namun demikian pemesanan kaos Bukit Kunci tersebut bisa dipesan secara online, melalui akun media sosial (Instagram) Bukit Kunci ataupun akun Media Sosial (Instagram) Bhabinkamtibmas Desa Bangowan.

Untuk pemasarannya, selain di Display, kita juga melayani pemesanan on line. Jujur masih terbatas mas, karena juga masih terkendala modal.

Adapun harga dari kaos Bukit Kunci tersebut bervariasi, untuk lengan pendek Rp85.000 lengan panjang harga Rp95.000 dan untuk anak anak Rp65.000 per buah.

“Harapannya jika cinderamata kaos ini laris, kita akan menambah beberapa cinderamata lainnya, mungkin bisa gantungan kunci atau pernak pernik lainnya,” tambahnya.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

Pihaknya ingin wisata disini berkembang sehingga menjadi destinasi bagi para wisatawan. Jika ramai dikunjungi pendapatan wargapun bisa bertambah, apalagi di tengah pandemi seperti ini, kita semua dituntut untuk kreatif.

Sementara itu Kepala Desa Bangowan, Sudarto menanggapi positif terobosan kreatif dari Bhabinkamtibmas tersebut. Awalnya dia mengaku pesimis bisa launching kaos Wisata Bukit Kunci.

“Alhamdulilah ini adalah wujud kerja sama kita semua, dan tak lepas dari peran serta pak Bhabinkamtibmas. Dan hari ini alhamdulilah bisa kita launching kaos Wisata Alam Bukit Kunci,” ucap Kepala Desa.

Launching kaos sengaja dipilih hari Minggu karena setiap akhir pekan, lokasi Wisata Bukit Kunci ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal Blora ataupun beberapa ada yang dari kabupaten tetangga seperti dari Kabupaten Grobogan, Rembang bahkan ada yang dari Kabupaten Tuban, dan Bojonegoro Jawa Timur.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

“Tak bosan kita juga ingatkan pengunjung agar menerapkan disiplin protokol kesehatan, apalagi ini juga diberlakukan program PPKM Mikro, jadi mari kita sukseskan untuk menekan penyebaran Covid-19, terutama diwilayah kecamatan Jiken,” kata Bhabinkamtibmas.

Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi mengungkapkan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Bripka Nyamat adalah salah satu wujud implementasi program dari Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama.

Selama situasi pandemi Covid-19 Polri dituntut untuk bisa menjadi inisiator ataupun penggerak ekonomi kreatif, tentunya dengan menjalin sinergi dengan instansi terkait dan stake holder yang ada.

“Sesuai dengan program dari Kapolres Blora, bahwa Polri harus bisa mendukung ekonomi kreatif, dan apa yang dilakukan oleh Bripka Nyamat sudah tepat dan akan terus kita dukung,” kata Kapolsek Jiken. Ahmad