GROBOGAN.NEWS Blora

Pembangunan Bandara Ngloram Fokus Memperpanjang ‘Runway’  

Wakil Blora, Arief Rohman menggelar rapat koordinasi secara daring (online) dengan Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI, Nur Isnin Istiartono, Senin siang (15/2).

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kabupaten Blora mendukung penuh kelanjutan pembangunan Bandara Ngloram oleh Pemerintah Pusat melalui Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI.

Yang mana pada tahun 2021 ini salah satunya akan memperpanjang landasan pacu atau runway dengan anggaran APBN Pusat.

Dalam rapat koordinasi secara daring (online) dengan Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI, Nur Isnin Istiartono, Senin siang (15/2/2021), Wakil Blora, H. Arief Rohman M.Si, menyatakan bahwa Pemkab akan mendukung dan siap memfasilitasi percepatan pembangunannya.

“Saat rapat, Pak Sesditjen menyampaikan bahwa tahun 2021 ini ada kegiatan perpanjangan runway atau landasan pacu sepanjang 100 meter ke arah barat. Sehingga total akan menjadi 1600 m, dari sebelumnya hanya 1500 meter,” ucap Arief Rohman, yang juga Bupati Blora Terpilih.

Untuk perpanjangan runway tersebut, menurut Arief, Ditjen Perhubungan Udara membutuhkan lahan seluas 2 hektar dengan ukuran sekitar 130 m x 150 m.

“Tadi juga kita sampaikan ucapan terimakasih kepada Pak Menteri Perhubungan dan seluruh jajarannya yang telah memberikan dukungan pembangunan bandara ini,” jelas dia.

“Pada dasarnya kita dari Pemkab siap mendukung dan akan mengupayakan agar proses pembebasan lahannya bisa berjalan sesuai jadwal sehingga di 2021 ini perpanjangan runway nya bisa dilakukan,” tambahnya.

Menurut Sesditjen anggaran untuk pembangunan fisik landasan pacu sudah tersedia dari APBN Pusat tahun 2021 ini sehingga pembebasan lahannya butuh proses segera. Untuk besar anggarannya, pihaknya belum bisa menyampaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora, Pratikto Nugroho, menyatakan kesiapannya untuk segera mengkoordinasikan rencana sosialisasi kepada masyarakat dengan menggandeng pihak terkait mulai dari Camat hingga Kepala Desa.

Turut diundang dalam rapat tersebut Wakil Bupati Blora Terpilih, Tri Yuli Setyowati, ST, MM; Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Kepala Bappeda Jateng, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab.Blora, Kasatker Dewandaru, Kasat Pelaksana Bandara Ngloram, Asisten Pembangunan Sekda Blora, Kabag Tata Pemerintahan, dan OPD terkait lainnya. Ahmad