GROBOGAN.NEWS Blora

Pelaksanaan ‘Jateng di Rumah Saja’, Pasar Tradisional di Blora Disemprot Disinfektan, Kedisiplinan Protokol Kesehatan Diperkuat

Petugas gabungan di Blora melakukan penyemprotan disinfektan di pasar Rakyat Sido Makmur, Minggu, (7/2).Istimewa

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Petugas gabungan di Blora melakukan penyemprotan disinfektan di pasar Rakyat Sido Makmur, Minggu, (7/2).

Gerakan dua hari Jateng di Rumah saja, dimanfaatkan petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polres Blora Polda Jawa Tengah, Kodim 0721/Blora, Subdenpom, serta Satpol PP dan BPBD untuk blusukan hingga ke sudut pasar guna menyemprot disinfektan.

Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama melalui Kaposko Terpadu Pengendalian COVID-19 Pasar Sido Makmur Ipda Deni mengungkapkan bahwa selama dua hari tersebut, petugas gabungan menempati posko yang didirikan di depan Pasar Rakyat Sido Makmur.

Sambil memantau kegiatan pasar yang ditutup pada pukul 10.00 WIB, petugas gabungan melakukan penyemprotan disinfektan ketika pasar dalam keadaan kosong.

Ipda Deni menjelaskan bahwa penyemprotan tersebut adalah inisiatif dari BPBD dan Satpol PP Kabupaten Blora, namun demikian TNI Polri dan instansi yang ikut berjaga di pasar, ikut membantu melakukan penyemprotan.

“Dua hari momen Jateng Di Rumah Saja, kita manfaatkan untuk menyemprot pasar dengan disinfektan, harapannya dapat mengurangi resiko penularan COVID-19 di pasar,” kata Ipda Deni.

Baca Juga :  Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati Ikuti Gladi Bersih Pelantikan

Berjalan dua hari penjagaan yang dilakukan di pasar Sido Makmur Blora, kata Ipda Deni, warga sudah sadar dan tertib untuk melaksanakan Surat Edaran Bupati Blora tentang pembatasan jam operasional pasar.

“Sebagian besar warga sudah sadar, dan jika sudah memasuki pukul 10.00 WIB mereka sudah berkemas dan menutup lapaknya,” terang Ipda Deni.

Sementara itu, Siti, salah satu pedagang di pasar Sido Makmur, mengapresiasi penyemprotan disinfektan yang dilakukan petugas gabungan tersebut.

“Sebenarnya berat juga untuk tutup lebih awal, namun demikian ini adalah kebijakan pemerintah. Semoga virus Corona ini segera pergi sehingga kehidupan bisa normal lagi, dan kami ucapkan terimakasih telah dilakukan penyemprotan disinfektan disini,” ucap Siti.

Berkaitan hal itu pula, Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama juga menginstruksikan jajarannya untuk memantau lokasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Blora.

Baca Juga :  Dilantik Bupati, Arief Rohman Ajak Sesarengan ‘Mbangun’ Blora

Hal tersebut dilakukan karena pada hari Minggu, biasanya dimanfaatkan warga untuk berwisata.

Kapolres AKBP Wiraga menyampaikan, meskipun imbauan dan sosialisasi telah dilakukan jauh hari, namun untuk memastikan tidak ada pengelola wisata yang nekat buka saat gerakan serentak Jateng Di Rumah Saja, Kapolres memberdayakan anggotanya, terutama Bhabinkamtibmas untuk melakukan pantauan lokasi wisata.

Menindaklanjuti hal tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken Polres Blora Bripka Nyamat Ari Widodo, menyambangi Wisata Alam Bukit Kunci yang berada di wilayah binaannya, Minggu, (7/2/2021).

Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Nyamat bertemu dengan Yusikin, salah satu pengelola Wisata Bukit Kunci.

Bripka Nyamat menyampaikan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Bupati Blora untuk lokasi wisata sementara ditutup, karena ada program Jateng Di Rumah Saja yang bertujuan untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Jawa Tengah, khususnya di kabupaten Blora.

“Kemarin sudah kita sosialisasikan, namun demikian menindaklanjuti perintah Bapak Kapolres, hari ini tetap kita lakukan pantauan. Dan alhamdulilah pengelola telah mematuhi Surat Edaran Bupati Blora tersebut,” kata Bripka Nyamat.

Baca Juga :  Pembangunan Daerah Irigasi untuk Pengoptimalan Distribusi Air Irigasi

Sementara itu, Pengelola Wisata Bukit Kunci, Yusikin menceritakan bahwa selama tutup dua hari, kegiatan tersebut dimanfaatkan untuk kerja bakti dan memugar taman taman yang ada di Bukit Kunci.

“Sejak awal kami telah berkomitmen untuk mematuhi Surat Edaran Bupati, dan waktu tersebut kami manfaatkan untuk kerja bakti sambil membenahi fasilitas di Bukit Kunci,” ungkap Yusikin.

Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Bripka Nyamat adalah penjabaran dan tindak lanjut dari pimpinan untuk mensukseskan program Jateng Di Rumah Saja yang bertujuan mencegah penularan COVID-19.

“Kami yang berada di Polsek, sebagai ujung tombak tentunya akan melaksanakan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi atensi pimpinan, dan alhamdulilah sebagian besar warga di kecamatan Jiken telah sadar dan peduli untuk ikut mensukseskan program ini,” kata Kapolsek Jiken. Ahmad