GROBOGAN.NEWS Kudus

Pasokan dan Distribusi BBM dan LPG di Kudus dan Pati Dipastikan Aman

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Di tengah musibah bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Kudus dan Pati, PT Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) memastikan pelayanan dan fasilitas tetap beroperasi untuk menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat.

Hal itu ditegaskan oleh Pejabat Sementara Unit Manager Communication dan Relations Pertamina Regional JBT Marthia Mulia Asri.

Sehingga, pasokan bahan bakar minyak di SPBU di Kabupaten Kudus dan Pati terpenuhi, meskipun kedua daerah tersebut tengah dilanda banjir.

“Selain BBM, elpiji juga dipenuhi. Jumlah SPBU di Kabupaten Kudus sendiri terdapat 20 SPBU reguler dan 22 agen elpiji, sedangkan di Pati terdapat 38 SPBU reguler dan 25 agen elpiji,” kata dia, kemarin.

Baca Juga :  Tabrak Dump Truk, Pengendara Sepeda Motor Asal Kota Semarang Meninggal Dunia di Kudus

Ia mengungkapkan hingga saat ini semua fasilitas penyaluran PT Pertamina masih beroperasi normal. Bagi masyarakat yang hendak mengisi bahan bakar di SPBU agar tetap berhati-hati akan adanya potensi banjir di sejumlah ruas jalan.

Terkait bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah, pihaknya akan terus memantau kondisi banjir terkini untuk melakukan mitigasi operasi di lokasi lainnya. Jika ada masyarakat atau konsumen yang kesulitan mendapatkan BBM maupun elpiji dapat menghubungi kontak Pertamina 135.

Baca Juga :  Selamatkan Lahan Petani, 20 Pompa Air Dioperasikan, Proses Penyedotan Banjir Jadi Perhatian Khusus

Terkait proses pengantaran BBM, Marthia menjelaskan mobil tangki Pertamina masih dapat beroperasi meskipun terkendala di sejumlah ruas jalan yang tergenang banjir.

Rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline seperti produk pertamax, pertalite dan lainnya berada di angka 283 kiloliter per hari, sementara BBM jenis gasoil seperti pertamina dex atau dexlite berada di angka 175 kiloliter per hari. Untuk rata-rata konsumsi harian elpiji berada di angka 92 metric ton (MT) per hari.

Sementara itu di Kabupaten Pati, rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline berada di angka 319 kiloliter per hari, sementara BBM jenis gasoil berada di angka 165 kiloliter per hari. Untuk rata-rata konsumsi harian elpiji berada di angka 117 MT per hari.

Baca Juga :  PPPK di Pemkab Kudus Terima SK Pengangkatan

Pertamina juga akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Diharapkan masyarakat tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan serta menerapkan protokol COVID-19.

“Jika terdapat kendala dan kebutuhan informasi seputar layanan dan produk dari Pertamina, konsumen dapat memanfaatkan Pertamina Call Center di nomor 135 dan aplikasi MyPertamina,” imbuh dia. Nor Ahmad