GROBOGAN.NEWS Blora

Para Pewarta Blora Gelar Ziarah dan Tabur Bung ke Makam Para Wartawan Senior

Sejumlah wartawan dari media cetak, elektronik dan online menggelar tasyakuran di Sekretariat PWI Blora di kompleks GOR Mustika Nomor 1 kabupaten Blora, Selasa (9/2). Usai melaksanakan tasyakuran, digelar ziarah dan tabur bunga di makam almarhum sejumlah wartawan senior yang ada di Blora, Cepu dan Kabupaten Pati. Ist

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora dilaksanakan secara sederhana.

Sejumlah wartawan dari media cetak, elektronik dan online menggelar tasyakuran di Sekretariat PWI Blora di kompleks GOR Mustika Nomor 1 kabupaten Blora, Selasa (9/2).

Usai melaksanakan tasyakuran, digelar ziarah dan tabur bunga di makam almarhum sejumlah wartawan senior yang ada di Blora, Cepu dan Kabupaten Pati.

Ketua PWI Kabupaten Blora, Wahono, mengemukakan pada tahun lalu puncak peringatan HPN dilaksanakan kegiatan wartawan menanam ribuan bibit pohon di kawasan hutan jati milik Perhutani untuk yang ke empat kalinya.

Namun, pada tahun ini berbeda, karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Ia menyebut, lewat momentum Hari Pers Nasional 2021 yang mengangkat Tema “Bangkit Dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan”, sebagai salah satu pilar demokrasi bersama negara untuk bisa mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi COVID-19.

Baca Juga :  Dilantik Bupati, Arief Rohman Ajak Sesarengan ‘Mbangun’ Blora

Meski berlangsung sederhana namun melalui tasyakuran dan doa bersama diharapkan bisa mendorong profesionalisme jurnalis.

“Ruh dari wartawan itu adalah kode etik jurnalistik. Pada kesempatan kali ini, PWI Blora menerima dua anggota baru, sehingga jumlah anggota PWI Blora sebanyak 26 wartawan dari media cetak, elektronik dan online yang sudah terdaftar di Dewan Pers,” terang Wahono.

Wahono juga mengapresiasi sinergitas yang terjalin antara Pemkab Blora, Polres, Kodim, BUMN, BUMD, Pereguruan Tinggi dan lembaga lainnya bersama PWI Blora.

“Kepada Humas Polres, saya menilai sudah seperti kantor berita. Selayaknya patut menerima penghargaan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Drs. Sugiyono, M.Si menyampaikan insan pers harus bisa mandiri dan profesional dengan menaati kode etik jurnalistik.

“Mandiri artinya bisa melaksanakan perencanaan dengan baik tanpa harus merepotkan pihak lain. Dan profesional, melakukan tugasnya dengan menaati kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Baca Juga :  Disuntik Vaksin, Kepala Diskominfo Blora Pastikan Pelaksanaan Vaksinasi Berjalan Lancar

Melalui momentum Hari Pers Nasional 2021 yang mengangkat Tema “Bangkit Dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan”, sebagai salah satu pilar demokrasi bersama negara untuk bisa mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi COVID-19.

Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan insan pers ke depannya dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah dan membantu masyarakat memahami kebijakan maupun informasi yang ada.

“Sehingga, tercipta kemitraan yang lebih baik melalui pemberitaan-pemberitaan yang menjunjung tinggi prinsip elemen dan etika jurnalistik serta disiplin verifikasi,” kata Kepala Dinkominfo Blora.

Kepala Dinas Kominfo Blora, Sugiyono menekankan, penguatan sinergi kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan institusi media massa, lembaga-lembaga kehumasan, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan non daerah, sampai kelompok masyarakat lain masih mutlak diperlukan. Terlebih, di masa pandemi seperti sekarang.

Baca Juga :  Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati Ikuti Gladi Bersih Pelantikan

“Khusus terkait dengan pandemi saat ini, kami berharap fungsi kontrol tersebut juga diberlakukan. Tentu, untuk pencegahan disinformasi dan hoaks atau berita palsu tentang Covid-19 dan juga mendorong masyarakat agar terus menaati anjuran-anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan,” tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kasubbag Humas Polres Blora AKP Suparlan. Menurutnya, kerja sama yang baik antara insan media dengan Polri menjadikan kegiatan yang dilaksanakan bisa dipublikasikan dan diketahui oleh masyarakat.

“Kalau dahulu, dari pengalaman saya pribadi, ada hal khusus berkaitan dengan tugas, sehingga adakalanya menghidar dari wartawan. Tapi sekarang ini eranya sudah beda. Mewakali Bapak Kapolres Blora, kami mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke-75,” kata dia.

Hadir pada acara tersebut Kabag Prokompim Setda Blora, Dra. Mulyowati, MM, perwakilan Pabrik Gula PT Gendis Multi Manis dan perwakilan dari pengusaha.  Ahmad