GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Meski Berdomisili di Malaysia, Pemuda Asal Aceh ini Dilaporkan Polisi Setempat Lantaran Bakar Bendera Merah Putih

Tangkapan layar video pemuda bakar bendera Merah Putih yang viral di media sosial. Foto: TikTok/aldial266

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Meskipun sudah berdomisili di negeri Jiran, Malaysia, namun pemuda asal Aceh yang membakar bendera Merah Putih dan viral di media sosial itu tak lepas dari jerat hukum.

Pasalnya, kasus itu sudah dilaporkan ke Polisi Diraja Malaysia.

Pelaporan itu dilakukan setelah diperoleh dugaan bahwa pelaku merupakan warga negara Indonesia asal Aceh yang kini berdomisili di Negeri Jiran, Malaysia.

Keputusan meminta bantuan Polisi Diraja Malaysia itu disampaikan staf Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Yoshi Iskandar.

Baca Juga :  SBY Mengaku Malu dan Bersalah Pernah Percaya Moeldoko, Ini Pernyataan Lainnya soal KLB Demokrat

“Perkembangannya, KBRI telah melaporkan kasus ini kepada Polisi Diraja Malaysia agar dapat diselidiki,” ujar Yoshi, seperti dikutip Tribunnews, Minggu (31/1/2021).

Hal senada juga disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Teuku Faizasyah, yang mengatakan bahwa kasus pembakaran bendera yang beredar melalui video yang diunggah di aplikasi TikTok itu hingga kini masih didalami.

“Masih didalami oleh KBRI di Kuala Lumpur,” kata Teuku Faizasyah.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang memperlihatkan seorang pemuda membakar bendera Merah Putih viral di media sosial.

Baca Juga :  KLB Partai Demokrat untuk Mendongkel Kepemimpinan AHY  Bakal Digelar di Bali

Dalam video berdurasi sekitar 17 detik yang diunggah ke akun TikTok @aldial266 tersebut, menampilkan seorang pemuda yang mengenakan kaus dan celana pendek membakar bendera Merah Putih yang terpasang di sebatang kayu.

Pemuda itu tampak membawa botol yang diduga berisi minyak tanah, sementara di mulutnya terselip sebatang rokok.

Sejak awal video sudah terlihat adanya api yang membakar bagian tiang kayu dan merembet hingga melalap bendera Merah Putih yang terpasang.

Baca Juga :  KPK  Bakal Usut Laporan MAKI Terkait  Dugaan Penyimpangan Pajak Rp 1,7 T

Pemuda itu pun sesekali menyemprotkan cairan yang mudah terbakar ke arah bendera, sehingga membuat api semakin besar hingga akhirnya membakar habis bendera Merah Putih tersebut.

Tidak dijelaskan kapan maupun di mana video tersebut dibuat. Pada bagian keterangan video, pengunggah menuliskan kalimat, “Jangan kasih kondur lanjutkan,” diikuti emotikon tertawa dan tanda jempol.

Video yang diunggah pada Kamis (28/1/2021) itu pun telah ditonton sebanyak lebih dari 30 ribu kali. A Vidya

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/02/viral-video-tiktok-pemuda-bakar-bendera-merah-putih-diduga-pelaku-tinggal-di-negeri-jiran-kbri-sudah-lapor-ke-polisi-diraja-malaysia/