GROBOGAN.NEWS Semarang

Ganjar Tawarkan Latihan Dasar CPNS Magang Bersama

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ist

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menawarkan peserta Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kota Tahun 2021 untuk magang bersamanya.

Tawaran langka ini dibuka oleh Ganjar untuk lima hingga sepuluh CPNS di kabupaten dan kota pada Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat memberikan materi jam pimpinan via daring pada acara Latihan Dasar (Latsar) CPNS Kabupaten Kota tahun 2021, di rumah dinasnya, Kamis (25/2). Ganjar mengatakan bila menjadi PNS maka harus siap jadi pelayan rakyat.

“Teman-teman selamat datang, anda akan bergaul dengan sistem yang tidak mudah. Maka dalam sebuah organisasi perlu kiranya teman-teman punya satu cita-cita, punya visi dan setting agenda,” ucap Ganjar usai membuka Latsar CPNS secara daring.

Dalam kesempatan itu, Ganjar sempat berinteraksi dengan para peserta Latsar melalui forum chat. Ganjar bertanya, apa saja persoalan yang menyebalkan berkaitan dengan pemerintahan.

Sebagian dari peserta Latsar mengatakan hal yang menyebalkan yakni tentang lambatnya birokrasi, korupsi, pelayanan yang lambat, jam pelayanan yang molor, gratifikasi dan pungli.

Merespon hal itu, Ganjar memberikan apresiasi kepada peserta Latsar yang menjawab pertanyaanya.

Ia kemudian menceritakan bahwa dalam masa kepemimpinannya, tak sedikit pejabat eselon yang dipecat karena berkaitan dengan persoalan-persoalan itu.

“Mumpung anda baru mulai masuk, tanamlah dan peganglah dengan konsisten (visinya). Siap jadi babunya rakyat? apakah anda siap diinjak-injak oleh rakyat? apakah anda semua siap untuk dikritik oleh rakyat? anda dicaci maki oleh rakyat?,” tegas Ganjar.

Sejurus dengan rentetan pertanyaan itu, Ganjar memberikan tawaran kepada para peserta Latsar CPNS untuk magang kepadanya.

“Kira-kira kalau saya tanya gini, siapa di antara anda yang nanti kalau ada kesempatan magang, pengin magang sama pak gubernur?,” tanya Ganjar yang kemudian mendapatkan respon positif dalam forum chat.

Bukan tanpa alasan, lanjut Ganjar, tawaran ini diberikan karena dirinya ingin memiliki Kader PNS di Kabupaten Kota dengan integritas tinggi, progresif namun tetap menjunjung ideologi bangsa.

“Saya ingin mengkader betul-betul, ada PNS masa depan, PNS milenial, dengan gaya pikiran yang progresif tapi tetap santun, tetap menjaga nilai-nilai kebangsaan, nilai pancasila, pluralisme, menjaga integritas, wah itu akan sangat luar biasa,” tegasnya.

Membaca isi forum chat, Ganjar lantas meminta pada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah.

Arief Irwanto agar memilih lima hingga sepuluh peserta Latsar CPNS di Kabupaten dan Kota untuk bisa magang dengannya.

“Boleh dong temen-temen ya, dari BPSDMD pak Arif, saya kepengin nanti di antara beberapa ini boleh magang ke saya. Saya akan berikan seterbuka mungkin dari beberapa orang, mungkin boleh lima atau sepuluh orang, silahkan magang ke saya,” ucap Ganjar.