GROBOGAN.NEWS Semarang

Dalam Dua Pekan, 35 Kabupaten/Kota di Jateng Bebas dari Zona Merah Covid-19

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di ruang rapat gedung A lantai 2 kompleks Pemprov Jateng, Senin (22/2). Ist

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Penanganan Covid-19 di Jawa Tengah menunjukkan hasil positif.

Selama dua pekan berturut-turut, tidak ada satu daerahpun dari 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah yang masuk kategori risiko tinggi atau zona merah Covid-19.

Hal itu terungkap dalam rapat evaluasi Covid-19 yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di ruang rapat gedung A lantai 2 kompleks Pemprov Jateng, Senin (22/2).

Dari lima kabupaten/ kota yang masuk zona merah pada 25-31 Januari, yakni Kendal, Karanganyar, Cilacap, Blora dan Kebumen. Pada dua pekan selanjutnya yakni 1-7 Februari dan 8-14 Februari, tidak ada daerah yang masuk zona merah.

“Angka kasus aktif juga terus mengalami penurunan, dari 8.230 (kasus) pada pekan sebelumnya, pekan ini kasus aktif hanya 7.300 (kasus). Case fatality rate (CFR) juga menurun dan recovery rate (RR) juga mengalami peningkatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo.

Yulianto mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit Jateng juga terus menurun, yakni untuk ICU hanya 38,08 persen, dan tempat tidur isolasi hanya 33,01 persen. Bahkan sejumlah rumah sakit, lanjut Yulianto, mengusulkan menutup layanan isolasi Covid-19 di tempatnya masing-masing, dan menjadikan ruangan-ruangan itu untuk perawatan nonCovid-19.

“Sudah banyak yang mengajukan untuk menutup tempat isolasi Covid dan memindahkan untuk perawatan nonCovid-19, karena memang jumlahnya terus menurun,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta pihak rumah sakit tidak terburu-buru menutup layanan isolasi Covid-19. Meski data menunjukkan penurunan yang signifikan, namun pengelola rumah sakit tidak boleh menutup layanan itu.

“Banyak yang usul agar tempat isolasi itu difungsikan untuk non Covid. Tapi saya bilang hati-hati, jangan dulu ditutup,” kata Ganjar.

Jika memang jumlah ruang isolasi yang tidak terpakai cukup banyak, Ganjar meminta rumah sakit menyiapkan ruangan itu sebagai cadangan penambahan tempat tidur ICU. Hal itu penting agar ICU di Jawa Tengah aman.

“Kalau memang ada sisa, silahkan dipakai yang lain. Tapi saya minta dilaporkan dan dikonsolidasikan dengan Dinas Kesehatan. Saya minta tidak tergesa-gesa, saya khawatir ini gelombang pertama yang turunnya bagus, dan nanti kita harus berjaga-jaga, mudah-mudahan tidak, kalau muncul gelombang kedua,” tegasnya.

Jangan sampai lanjut Ganjar, ketika gelombang kedua itu muncul, banyak rumah sakit yang gelagapan menangani itu. Meskipun diyakini, semua rumah sakit memiliki pengalaman dan capaian yang bagus terkait penanganan itu.

“Kita harus berjaga-jaga, kalau terjadi gelombang kedua. Meskipun sekarang tingkat keterisian tempat tidur rendah, tapi aja kesusu (jangan terburu-buru) menutup layanan Covid-19,” pungkasnya. Kahlil