GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Cegah Rabun Senja dengan Pemberian Vitamin A

Ilustrasi

PEKALONGAN, GROBOGAN.NEWS-Demi mencegah rabun senja, ribuan bayi dan balita di wilayah Kota Pekalongan akan memperoleh vitamin A gratis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan.

Jatah vitamin A tersebut didistribusikan melalui posyandu, dan puskesmas setempat.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes setempat, Ismanto, mengungkapkan, jumlah sasaran program pemberian vitamin A di Kota Pekalongan adalah 20 ribu balita, 3.500 bayi, dan 5.900 orang ibu nifas. Program pemberian vitamin A dilaksanakan dua kali dalam satu tahun, yakni, pada Februari dan Agustus.

Baca Juga :  Para Perangkat Desa di Batang Ikuti Vaksinasi Covid-19

“Persiapan pemberian kapsul vitamin A bulan Februari ini sudah kami mulai pengadaan tahun lalu, dan awal Februari ini distribusi vitamin A,” terang Ismanto, belum lama ini.

Menurut Ismanto, Vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare, membantu proses penglihatan untuk beradaptasi dari tempat yang terang ke tempat yang gelap, meningkatkan mutu ASI, dan mencegah rabun senja.

Baca Juga :  Status Tanggab Darurat Banjir di Kota Pekalongan Diperpanjang

“Kami menyiapkan kapsul Vitamin A dosis tinggi (ukuran) 100.000 Satuan Internasional (SI) yang berwarna biru sebanyak 120 botol dan 1.000 botol (ukuran) 200.000 SI yang berwarna merah. Sasarannya untuk bayi, balita, dan ibu nifas,” bebernya.Frieda