GROBOGAN.NEWS Blora

Arief Rohman Beri Apresiasi Kinerja Pewarta Blora

Ilustrasi Bupati Blora Terpilih H. Areif Rohman, hadir dalam acara tasyakuran sederhana peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan Hari Ulang Tahun ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora. Ist

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Wakil Bupati Blora H. Areif Rohman, hadir dalam acara tasyakuran sederhana peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan Hari Ulang Tahun ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut digelar di Sekretariat PWI Blora kompleks GOR Mustika Nomor 1 kabupaten Blora, Selasa (9/2).

“Alhamdulillah bisa hadir disini dalam rangka untuk mangayubagya (memperingati). Selamat Hari Pers Nasional (HPN). Dan pada hari ini semoga kiprahnya terus bisa kita kerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Blora,” kata Bupati Blora terpilih, Arief Rohman, yang juga sebagai Bupati Blora terpilih dalam Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Dirinya menyebut, sudah sejak lama ingin menyempatkan datang berkumpul bersama para pewarta Blora.

“Jadi sebenarnya saya kepingin hadir disini itu sudah sejak lama ya. Sehingga ketika mau nyalon itu saya sudah slenting-slenting, saya siap diundang PWI, tapi ternyata targetnya baru bisa kali ini,” ujarnya.

Arif Rohman mengatakan, dirinya sadar diri bahwasanya mulai ketika di DPR dan Kementerian. Menurutnya, kalau ingin sebuah program, biak itu Kementerian atau sebuah institusi ini bisa didengar kiprahnya maka harus kerjasama dengan wartawan.

Baca Juga :  Komplotan Pencuri Spesialis Mobil Pick Up Diringkus Polres Blora

“Jadi dulu itu saya mengawal Pak Menteri, status menteri lima tahun. Jadi kalau saya kunjungan ke sebuah daerah. Pasti ada visit media. Media yang ada disana kita visit, pasti ada media lokal setempat,” terang Arief Rohman.

Dikatakannya, dipastikan untuk anggaran untuk iklan itu dispacekan.

“Jadi, waktu itu Pak SBY, kira-kira sukanya koran apa ya, kita sudah tahu semua,” ucapnya.

Demikian halnya di Kabupaten Blora, Arief Rohman mohon dukungannya untuk program bersama, Sesarengan Mbangun Blora (bersama membangun Blora).

“Saya mohon dukungannya, bantuannya, bahwasanya tagline kita Sesarengan Mbangun Blora ini tidak basa-basi. Jadi wartawan ini salah satu elemen yang penting dalam rangka pembangunan di kabupaten Blora. Nanti, bentuk pos kerjasamanya kita diatur. Bu Kabag Prokompin tolong dalam anggaran perubahan nanti dispace, sesuai dengan kemampuan anggaran,” tandasnya.

Dikatakannya, bahwa nanti akan disajikan, proyek di kabupaten Blora ini apa saja.

“Ini saya sedang menyusun RPJMD, untuk pembangunan besok ini. Kita akan sajikan masalah-masalah yang sedang kita hadapi itu apa. Nanti penyelesainnya seperti apa. Kita perlu peran wartawan. Tapi tolong diberitakan yang kira-kira akan menjadi target kita,” jelasnya.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

Kalau semua ada back up wartawan dan dikukung wartawan, kata Arif Rohman, pesan ini akan cepat sampai kepada pembuat kebijakan, karena membangun Blora kalau hanya mengandalkan APBD berat.

“PR yang kita hadapi itu banyak. Sekarang ada persoalan pupuk, infrastruktur dan lainnya. Kita harus bersinergi. Kita tidak boleh istilahnya anti kritik. Kita harus bisa menerima kritik, apa sih kekurangan kita dalam hal tadi. Kalau perlu diberitakan juga tidak masalah. Ini menjadi bahan berita untuk laporan ke pusat. Jadi nanti saya perlu mengajak rekan-reka wartawan untuk survei lapangan,” tambahnya.

Pentinya ruas jalan, menurut Arief Rohman, Kabupaten Blora ini penghasil sumber daya alam, penghasil migas, tapi kondisinya seperti ini.

“Ini sesuatu yang saya kira perlu dikawal oleh teman-teman. Belum lagi ketika nanti Menteri kesini yang mendukung akses jalan ke bandara. Jadi mumpung ada statemen itu, jalan-jalan yang menuju ke akses bandara kita beritakan saja, mana jalur yang ruasnya rusak. Ini menjadi bahan untuk pendekatan ke pusat. Itu yang kita inginkan. September tahun ini, pesawat sudah bisa turun ke bandara,” ucapnya.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

Berkaitan hal itu, tambahnya, kita ditantang bagaimana kalau nanti sudah ada pesawat kesini otomatis kita kedatangan tamu.

“Kita harus siap. Saya lebih tertantang untuk penataan wisata. Baik itu wisata alam dan budaya, wisata sastra dan sebagainya. Potensi wisata ini menjadi salah satu hal yang nanti menarik orang datang ke Blora,” tambahnya.

Oleh karena itu, pemberitaan terkait potensi tersebut menjadi salah satu hal yang perlu terus dipublikasikan.

Pada kesempatan itu, Bupati terpilih Arief Rohman berkesempatan pula mengajak sharing dengan perwakilan sejumlah wartawan.

Sementara itu Ketua PWI Blora Wahono, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Arief Rohman atas kedatangannya berkumpul bersama dengan para pewarta Blora.

“Sebenarnya Pak Arief ini tidak kami undang. Tapi karena kepedulian dan empaty beliau, maka berkenan hadir. Maka kami juga siap mendukung dan kerjasama,” kata Wahono.

Hadir pada acara itu, Kepala Dinas Kominfo Blora Drs. Sugiyono, M.Si, Kabag Prokompim Setda Blora, Dra. Mulyowati, MM, perwakilan pabrik gula PT Gendis Multi Manis dan perwakilan pengusaha. Ahmad