GROBOGAN.NEWS Semarang

Permudah Layanan Pembayaran PBB, Pemkot Salatiga Gandeng Toko Modern

Wali Kota Salatiga Yuliyanto. Ist

SALATIGA, GROBOGAN.NEWS-Program inovasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga dalam meningkatkan pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kembali direalisasikan.

Langkah ini dilakukan untuk menaikkan angka Pendapat Asli Daerah (PAD) yang turun selama pandemi Covid-19.

Saat ini, pihak Pemkot Salatiga telah menggandeng toko modern berjejaring nasional untuk pembayaran PBB.

Demikian disampaikan oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

Baca Juga :  Bupati/ Wali Kota Wilayah Semarang Raya Dilantik Secara Langsung, Para Kepala Daerah Terplih Lainnya Dilantik Via Daring

“Program ini untuk memudahkan masyarakat untuk membayar PBB. Upaya untuk kembali meningkatkan PAD,” terang Yuliyanto, Senin (22/2) kemarin.

Dijelaskan oleh Yuliyanto lebih detail, masyarakat yang memiliki akses di Salatiga tapi berada di luar kota, tetap bisa menunaikan kewajiban membayar PBB di toko modern berjejaring nasional. Ia pun menyebutkan bahwa realisasi dari PAD pada 2019 sebanyak Rp 66,367 miliar. Sedangkan pada 2020 sebanyak Rp 54,374 miliar sehingga ada selisih penurunan Rp 11,997 miliar.

Baca Juga :  Pelantikan Kepala Daerah, Kutipan Pidato Bung Karno “Kekuasaan Hanya Milik Rakyat” Dikumandangkan

Yuliyanto juga menyebutkan, di Salatiga ada 54 toko modern.

“Kita memang memperketat perizinan toko modern, tapi tetap membuka investor selama pengelola toko modern berkomitmen untuk mengikuti perda,” terang dia.

Yuliyanto menambahkan, pihaknya memprioritaskan pekerja dari Salatiga dan memberi ruang untuk UMKM. Saat ini ada 125 UMKM yang menjadi mitra di toko modern.

Baca Juga :  PPKM Berskala Mikro, Tim Polda Jateng Gencarkan Razia Tempat Hiburan Malam dan Rekreasi Keluarga

Ditambahkan oleh Yuliyanto, selama pandemi Covid-19 ada penambahan jumlah pengangguran yang berdampak pada angka kemiskinan.

“Dampak pandemi Covid-19 juga menyebabkan 11 sektor usaha tutup dan menyebabkan 1.330 pekerja dirumahkan,” pungkas dia. Ari B